Market Day Didik Siswa Jadi Wirausaha

MARKET DAY - Wakil Walikota Darmawan Jaya membuka Market Day SMPN 4 Banjarbaru. (Istimewa)
231

Banjarbaru, KP – Wakil Walikota Darmawan Jaya Setiawan membuka Market Day SMPN 4 Banjarbaru yang berlokasi di Jalan Peramuan, Kelurahan Landasan Ulin Tengah, Kecamatan Liang Anggang, baru-baru ini.

Kepsek SMP Negeri 4 Banjarbaru, Drs Bahrudin menyampaikan, ini pelaksanaan market day ke 3 kalinya di sekolah tersebut, dengan harapan melalui kegiatan ini dapat menimbulkan kemandirian bagi siswa.

“Siapa tahu kedepannya mereka bisa jadi wirausahawan,’’ katanya.

Wawali Darmawan mengatakan, market day sendiri sejalan dengan karakter ke 5 yang dijalankan Pemko Banjarbaru, yaitu pandai berwirausaha atau belajar kemandirian dan ini harus dilakukan sejak dini.

“Jangan pantang menyerah, terus semangat. Mau jadi orang hebat harus sehat, cita-cita harus setinggi langit, seperti kata Presiden RI pertama Soekarno, gantungkanlah cita-citamu setinggi langit, kalau engkau jatuh, engkau pun akan jatuh di antara bintang-bintang,’’ pesannya.

Menurutnya, dari waktu ke waktu semakin sulit mencari pekerjaan. Ketersediaan lapangan kerja milik pemerintah maupun swasta, juga kian terbatas, apalagi sekarang memasuki zaman digital. Digital banyak melakukan pekerjaan oleh mesin-mesin otomatis.

“Market day ini sangat penting bagi siswa, mereka harus dibekali kemampuan berwirausaha, karena menciptakan lapangan pekerjaan itu lebih baik daripada mencari,’’ katanya.

Maindset ini harus ditanamkan, karena dengan menciptakan lapangan pekerjaan, kita dapat membantu orang-orang yang masih mencari pekerjaan, kemudian memberi manfaat kepada mereka yang terlibat dalam usaha tersebut.

“Tentu dampaknya nanti bisa meningkatkan kesejahteraan, mengentaskan kemiskinan, kemudian menurunkan angka pengangguran dan ini perlu diajarkan dari usia dini, di SD, SMP, sehingga ketika ingin menjadi wirausaha, sudah melalui proses panjang dan paham banyak pengetahuan dan keterampilan tentang usaha,’’ pungkasnya. (wan/K-5)

Loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...