PDAM Tabalong Terpaksa Naikan Tarif, Hingga 35 Persen

Tanjung, KP – Tak ada pilihan lain dan jadi solusi akhir, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) TIRTA kabupaten Tabalong sebagai satu-satunya penyuplai air bersih milik daerah “terpaksa” menaikkan tarif bagi pelanggannya.

Direktur PDAM Tirta, Abdul Bahid mengungkapkan bahwa penyesuaian tarif PDAM adalah solusi terakhir yang harus diambil. “Penyesuaian tarif adalah jalan terakhir, kami ambil dengan penuh pertimbangan” ujarnya pada media saat diwawancarai belum lama tadi di Kantor PDAM Tabalong Tanjung.

“Sudah sembilan tahun dan baru ditahun 2020 ini tarifnya terpaksa kami naikkan,” ujar Bahid.

Pada hal sambungnya, dalam kurun waktu tersebut beberapa komponen seperti inflasi, gaji karyawan (UMK), tarif dasar listrik (TDL) operasional PDAM sudah beberapa kali naik yang memberi pengaruh terhadap “pengeluaran” PDAM semakin bertambah saban tahunnya.

“Selama ini PDAM menjual air dibawah Harga Pokok Penjualan (HPP) pada pelanggan, jauh lebih murah dari harga yang seharusnya,” ungkapnya.

Rekomendasi dari BPKP beberapa waktu yang lalu juga menyatakan agar dilakukan penyesuaian tarif, namun dengan mempertimbangkan kondisi perekonomian khususnya warga Tabalong, baru tahun ini dinaikkan timpalnya.

Berita Lainnya
1 dari 1.399
Loading...

“Penyesuaian tarif ini juga sudah mendapat restu dari pemerintah daerah,” tegasnya.

Besaran kenaikkan tarif berkisar antara 30% hingga 35% dan mulai berlaku epektif pada bulan Februari yang dibayarkan pada bulan berikutnya.

Meskipun demikian ujar Bahid, untuk kategori Sosial dan Masyarakat berpenghasilan rendah akan mendapat subsidi silang.

“Golongan niaga atau industri saja yang akan dikenakan kenaikan tarif optimal” tegasnya.

Bahid berharap agar warga Bumi Saraba Kawa bisa menerima penyesuaian tarif ini.

“Insyaallah tidak memberatkan warga Tabalong” imbuhnya.

Kalau kebijakan ini tidak di ambil, PDAM akan “tenggelam”, pelayanan akan makin menurun sejalan dengan makin memburuknya kondisi keuangan kami pungkasnya.

Di bulan Januari ini pihak PDAM terus melakukan Sosialisasi rencana penyesuaian tarif baru di seluruh kecamatan yang ada di Tabalong. (ros/K-6)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya