Program Serasi Disambut Antusias Petani Hambawang

PULANG PISAU, KP- Masuknya program Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani atau Serasi di Kecamatan Sebangau Kuala di sambut antusias petani Desa Sei Hambawang. Dimana, program Serasi diyakini dapat merubah menset para petani, yang biasa tanam padi 1 kali dalam 1 tahun, bisa menjadi 2 kali tanam.

” Selain itu, petani yang sebelumnya menggunakan pola tamam tradisional, dengan masuknya program Serasi, pola petani berubah dalam rangka pengingkatan produktivitas pertanian, ” kata Ketua Koptan Karya Membangun Desa Seu Hambawang, Suparto.

Dia juga menyadari, masalah utama dalam pemanfaatan lahan rawa adalah tata air dan kesuburan lahan. Karena itu, hadirnya program Serasi menjadi jawaban untuk mengelelola tata kelola air di lahan pertanian menjadi lebih baik, sehingga kegiatan agronomi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan produktivitas lahan, baik pengendalian tata air, adalah pola tanam dan penggunaan varietas unggul yang adaptif.

Berita Lainnya

Bantuan Harus Tepat Sasaran

Wagub Kalteng Beri Semangat Peserta Seleksi CPNS

1 dari 556

” Jadi program Serasi, merupakan dasar tata kelola air. Inilah yang selama diinginkan oleh para petani padi. Harapan kita, program Serasi dapat dilaksanakan secaca berkelanjutan, dan tidak berhenti disini, karena masih banyaknya lahan yang Perlu sentuhan program Serasi, ” harapnya

Sementara Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pulang Pisau, Slamet Untung Riyanto, mengatakan program Serasi ini di masukkan untuk merubah tata kelola air di lahan rawa menjadi kahan pertanian produktif, sehingga pola tanam yang biasanya hanya dilakukan 1 kali dalam 1 tahun, bisa menjadi 2 kali musim tanam.

Melihat hamparan lahan yang ada di Desa Sei Hambawang dan semangat para petani, pihaknya sangat optimis lahan pertanian di sana dapat di kerjakan dengan optimal. Selaku dinas, pihaknya akan mendorong program Serasi ini dapat berkelanjutan, dengan di dukung rekayasa-rekayasa dalam bentuk bantuan, baik Alsintan, saprodi dan alat pasca panennya.

” Potensi lahan dan semangat para petani, khususnya di Desa Hambawang sangat bagus. Kita akan suport dan mendorongnya melalui rekayasa-rekayasa, baik pembinaan dan penyuluhan serta program bantuan lainnya untuk mendukung pertatanian, sehingga hasilnya dapat meningkatkan produktivitas padi dan peningkatan ekonomi para petani, ” tandasnya. (sgt /k-8)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya