Bupati Minta Masyarakat Banjar Dukung Keberadaan TPA Banjarbakula

Martapura, KP – Bupati KH Khalilurrahman ikut mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat meresmikan Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Sampah Regional Banjarbakula di Kecamatan Cempaka, Kota Banjarbaru, kemarin.

Menurut Guru Khalil, keberadaan TPA Banjarbakula ini, tentunya sangat membantu Pemkab Banjar dalam pengelolaan sampah dan mengurangi beban TPA Cahaya Kencana di Kecamatan Karang Intan.

”Kami sudah memerintahkan instansi terkait untuk membantu menjaga keberadaan TPA Regional Banjarbakula tersebut, salah satunya dengan hanya membuang sampah yang dapat didaur ulang saja,” tandas Bupati.

Bupati berharap, masyarakat juga harus membiasakan diri membuang sampah sesuai jenis. Memilah sampah penting, agar bahan tersebut dapat kembali dimanfaatkan menjadi barang yang bernilai guna.

Berita Lainnya

Samakan Persepsi, Para Sekda Ikuti Rakernas

1 dari 1.188
Loading...

”Keberhasilan suatu pengelolaan sampah, termasuk daur ulang, ditentukan pemilahan sampah langsung dari sumbernya. Memilah sampah organik dan anorganik merupakan kegiatan yang mudah dan tanpa biaya. Selain itu bisa mendatangkan manfaat bagi kehidupan sendiri dan orang lain,” tandasnya.

TPA Banjarbakula sendiri merupakan sinergi 5 kabupaten/kota, terdiri dari Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru, Kabupaten Banjar, Kabupaten Barito Kuala dan Kabupaten Tanah Laut.

Sebelumnya saat meresmikan operasionalnya, Presiden Jokowi mengagumi TPA Banjarbakula ini dan merupakan salah satu TPA terbaik di Indonesia yang mampu menampung sampah hingga 8 tahun kedepan nantinya .

“Semoga keberadaan TPA Banjarbakula ini memberikan manfaat besar bagi masyarakat dan kesehatan lingkungan di Kalsel, mari kita jaga dan pelihara keberadaannya,” kata Jokowi. (wan/K-5)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya