Bupati Resmikan Prasarana Air Minum PAMSIMAS

Martapura, KP – Bupati KH Khalilurrahman selain melakukan pembongkaran 122 jamban apung bersama warga di 5 desa pada 5 kecamatan yang diawali di Desa Tambak Baru, Kecamatan Martapura Kota, Rabu (5/2/2020), juga menyerahkan 2 unit kedoteng (Kereta Sedot Lumpur Tangki Septik) dan STS (Septege Transfer Station/Bak Penampung Lumpur Tangki Septik Sementara) kepada 2 BUMDes Tambak Baru dan Murung Kenanga.

Penyerahan tersebut sebagai salah satu realisasi program Gerakan Bersama Aksi Sanitasi (GEBRAK’s).

“Dengan dimulainya program GEBRAK’s, diharap membantu masyarakat untuk memudahkan proses penyedotan lumpur yang dihasilkan dari tangki septik kedap,’’ kata bupati.

Dalam kesempatan ini, Guru Khalil juga meresmikan prasarana air minum dari Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi berbasis Masyarakat (PAMSIMAS).

PAMSIMAS yang diresmikan di Desa Tambak Baru Ulu ini berupa 1 unit Pengolahan Air Bersih, 1 unit Menara Air, pemasangan 608 meter jaringan perpipaan, 1 Rumah Pompa beserta instalasi listrik, 1 unit WC sekolah dan 1 unit Tempat Cuci Tangan Pakai Sabun.

Berita Lainnya

Pilkada Jangan Jadi Ajang Penularan Covid

Raudathul Resmikan TK Alquran

1 dari 1.175
Loading...

“Kami berharap dengan bantuan tersebut, masyarakat setempat bisa menikmatinya, namun jangan lupa merawat fasilitas tersebut,’’ tandasnya.

Dia pun berharap upaya ini dapat meningkatkan cakupan layanan air minum dan sanitasi, sehingga bisa mendukung tujuan global, yakni DG’s (Sustainable Development Goals), tujuan pembangunan berkelanjutan poin ke-6 berupa ketersediaan air bersih dan sanitasi, dalam hal ini pengelolaan air limbah yang layak.

“Yang menuntut kesamaan hak antara manusia yang hidup di negara satu dan negara lainnya, baik dalam hal mencapai kesejahteraan hidup, memerangi kemiskinan dan diharap ini terealisasi pada 2030 mendatang,’’ kata bupati.

Pada kesempatan tersebut, Guru Khalil berkesempatan menyaksikan aksi siswa SD cuci tangan pakai sabun, meresmikan penggunaan wc komunal serta melihat fasilitas PAMSIMAS dengan membuka kran air di depan rumah warga.

Bupati juga melihat langsung proses pembongkaran jamban apung yang dilakukan warga dengan menyusur sungai dengan perahu bersama perwakilan

Forkopimda dan Sekdakab Ir HM Hilman. (wan/K-5)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya