Bus Trans Diresmikan, Transportasi Cepat dan Nyaman Kini Tersedia di Banjarmasin

Banjarmasin, KP – Bus Trans Banjarmasin resmi diluncurkan hari ini, angkutan orang ini dicanangkan siap meramaikan jalur transportasi cepat dan nyaman di Kota Banjarmasin yang tidak terjamah oleh transportasi Bus Rapid Transit (BRT) Banjarmasin, Banjarbaru, Banjar, Tanah Laut, dan Barito Kuala (Banjarbakula).

Kepala Seksi Angkutan Orang, Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin, Fajar Putra Nugroho mengatakan tepat hari ini bus trans di Banjarmasin diresmikan dan untuk koridor yang dilewati dipilih jalur yang tidak dilalui oleh BRT Banjarbakula.

“Ada beberapa titik lokasi yang akan digunakan untuk pemberhentian Bus,” ungkapnya selepas peluncuran bus transit Banjarmasin, Senin (17/2).

Disebutkannya, operasional Bus Trans Banjarmasin terdiri dari beberapa jalur yang akan dilalui, koridor 1 dari KM 6 menuju ke Jalan A Yani selanjutnya Jalan Pramuka, terus ke arah Jalan Veteran menuju Jalan Gatot Subroto dan melewati Jalan A yani kembali untuk selanjutnya finish di Jalan Pangeran Antasari.

Sedangkan Koridor 2 disebutkannya bakal melintas di Jalan Pangeran Antasari, melalui Jalan Pangeran Samudera dan menuju Jalan Lambung Mangkurat untuk selanjutnya melintasi titik O KM Banjarmasin ke arah Jalan Keramaian kemudian ke Jalan Tarakan arah ke Jalan S Parman dan finish di Jalan Hasan Basry Kayu Tangi.

Ia melanjutkan, bagi masyarakat yang ingin menggunakan fasilitas Bus Trans Banjarmasin diterapakn gratis alias tidak dipungut biaya, karena menunggu kebijakan dan penyusunan regulasi yang berlaku untuk berikutnya.

Berita Lainnya
1 dari 3.582

“Sementara di gratiskan, sembari menunggu regulasi lain disahkan,” ucapnya.

Dijelaskannya, soal operasional Bus Trans Banjarmasin dimulai dari pukul 06.00 wita hingga pukul 19.00 wita, untuk melayani masyarakat yang ingin menggunakan fasilitas.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Bidang Angkutan Orang, Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin, Kusmarini mengatakan Operasional Bus Trans Banjarmasin rencananya akan di gratiskan hingga akhir tahun.

“Sampai akhir tahun ini gratis, selanjutnya akan diatur Peraturan Daerah atau Peraturan Walikota nanti,” bebernya.

Menurutnya, Bus Trans Banjarmasin mampu menampung sebanyak 18 orang penumpang dengan jumlah armada pada saat ini mencapai 6 unit Bus. “Untuk APBD murni ada penambah 6 Unit Bus, Insyaallah tahun 2020 akan menjadi 12 unit,” ujarnya.

Kusmarini menambahkan, Driver Bus juga dibekali pengetahuan terkait pemberhentian yang dibolehkan, yaitu dari halte ke halte yang sudah ditentukan oleh Dishub Kota Banjarmasin sebelumnya. (zai/KPO-2)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya