Dewan Apresiasi Pematangan Revitalisasi Pasar Ujung Murung

Banjarmasin, KP – Rencana Pemko Banjarmasin mengupayakan revitalisasi Pasar Sudimampir dan Pasar Ujung Murung masih terus bergulir. Dewan memberikan dukungan dan apresianya revitalisasi atau peremajaan pasar yang berada di tepian Sungai Martapura itu.

Namun demikian, Pemko Banjarmasin diingatkan sebelum merealisasikan program terhadap dua pasar tersebut diminta mematangkan berbagai tahapan setiap perencanaan yang akan dilaksanakan.

“Jika dapat dijalakan Pemko Banjarmasin, kami optimis untuk membenahi wajar Pasar Ujung Murung dan Pasar Sudimampir yang sudah lama tertunda itu akan bisa segera direalisasikan,“ kata Ketua Komisi II DPRD Kota Banjarmasin, HM Faisal Hariyadi.

Khusus menyikapi langkah yang selama ini diambil Pemko Banjarmasin, Faisal Hariyadi kepada KP Jumat (7/2/2020) menyatakan, apresiasinya yang secara intens mengadakan koordinasi, termasuk mengadakan pertemuan dengan pedagang.

Seperti, ujarnya, terakhir Kamis (23/01/2020), Walikota Ibnu Sina memimpin rapat koordinasi dengan sejumlah SOPD terkait guna membicarakan rencana penataan Pasar Ujung Murung dan Pasar Sudimampir.

” Sebelumnya pada Senin (20/1/2020) Wakil Walikota Hermansyah yang menggelar rapat dengan memanggil sejumkah pejabat terkait guna membicarakan rencana penataan kedua pasar yang akan dijadikan pasar modern tersebut,“ ujarnya.

Menurut Faisal Hariyadi, perencanaan matang sangat dibutuhkan mengigatkan peremajaan Pasar Ujung Murung dan Pasar Sudimampir adalah proyek besar, sehingga perlu antisipasi secara dini dari berbagai permasalahan yang bakal muncul. Terutama, bagi pedagang.

Berita Lainnya
1 dari 3.344

” Apalagi dari informasi terakhir diterima khabarnya belakangan ada sebagian pedagang yang ternyata menolak rencana Pemko untuk menata kembali atau merevitalisasi kedua pasar tersebut,“ kata Faisal Hariyadi.

Dikemukakan hal lain yang perlu perencanaan secara matang adalah, jika revitalisasi Pasar Ujung Murung dan Sudimampir direalisasikan adalah soal pemindahan sementara tempat berjualan agar pedagang.

Faisal Hariyadi mengemukakan, jika penataan Pasar Ujung Murung dan Sudimampir memerlukan ketersediaan anggaran yang cukup besar, sehingga wajar jika kemudian Pemko Banjarmasin berencana menjalin kerjasama dengan pihak ketiga atau investor.

” Dari informasi terakhir khabarnya sudah ada investor yang sudah mengajukan penawaran dan siap menyatakan untuk bekerja sama untuk menggarap penataan Pasar Ujung Murung dan Pasar Sudimampir,“ ujarnya.

Diakuinya, bahwa keberadaan Pasar Ujung Murung dan Pasar Sudimampir saat ini dinilai sudah tidak layak lagi untuk ditempati dan terkesan kumuh. Pasalnya, selaian kondisi bangunan yang sudah tua, di depan lokasi pasar tersebut banyak berdiri kios atau tempat berjualan pedagang kaki lima (PKL).

Sebelumnya terkait, relokasi pemindahan sementara pedagang selama Pasar Ujung Murung dan Pasar Sudimampir dibongkar dan dilanjutkan pembangunannya, Pemko Banjarmasin khabarnya sudah menyiapkan sejumlah tempat untuk menampung ribuan pedagang dua pasar tersebut agar mereka tetap bisa berjualan.

Adapun sejumlah tempat relokasi pedagang disediakan diantaranya, di kawasan Pasar Sudimampir Raya, lahan kosong di belakang Mitra Plaza, Jalan Pangeran Antasari dan Pasar Kalindo Raya Jalan Belitung Darat. (nid/K-5)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya