Job Fair Sarana Kurangi Angka Pengangguran

Banjarmasin, KP – Pemerintah Provinsi Kalsel terus bergerak untuk dapat mengurangi angka kemiskinan dan pengangguran yang ada di Banua, salah satunya dengan menggelar kegiatan Job Fair 2020 yang dilaksanakan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kalsel 25 sampai 27 Februari 2020 di Gedung Sultan Suriansyah Banjarmasin.

Untuk Job Fair 2020 kali ini, ada kurang lebih 57 perusahaan yang bergabung dengan 2.700 lowongan pekerjaan yang disediakan.

“ Kami berharap melalui kegiatan ini setidaknya dapat mendorong peningkatan penyerapan tenaga kerja yang ada di Banua,” jelas Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi H Siswansyah, kepada wartawan disela kegiatan kemaren.

Dari data yang dihimpun oleh Disnakertrans Kalsel, hingga tahun 2019 lalu pengangguran terbuka di Provinsi Kalsel masih mencapai 4,31 persen dari jumlah penduduk.

Terkhusus untuk kualifikasi lulusan SMP dan SMA, tingkat penganggurannya mencapai angka 7,76 persen.

“ Kami terus berupaya agar setiap tahunnya angka pengangguran ini bisa di Provinsi Kalsel baik melalui kegiatan Job Fair hingga berbagai kegiatan padat karya lainnya yang dapat menyerap tenaga kerja,” ungkapnya. .

Berita Lainnya
1 dari 449
Loading...

Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor juga menegaskan, Pemprov Kalsel terus berupaya mendorong agar geliat investasi di Banua dapat semakin meningkat tiap tahunnya baik melalui pembenahan infrastruktur pendukung maupun kemudahan perizinan usaha.

“Bagi saya dengan banyaknya investasi yang masuk di Kalsel, maka tentu juga akan berpengaruh terhadap tingginya kebutuhan tenaga kerja,’’kata paman Birin, biasa ia disebut.

Ini tentunya dapat membuat penyerapan tenaga kerja semakin baik dan pengangguran akan semakin menurun, kedepan tidak hanya berupaya mendorong banyak investasi yang masuk, kami juga akan berusaha menciptakan banyak wirausaha baru tumbuh di Kalsel.

Ini tentunya penting agar wirausaha baru tersebut juga bisa menyerap tenaga kerja di sektor informal,jelasnya.

Hari kedua Salah satu pelamar Iyus Russady, salah satu sarjana di sebuah perguruan tinggi swasta yang ada di Banjarmasin mengaku, sangat senang dengan kehadiran even Job Fair 2020 yang digelar oleh Disnakertrans Kalsel.

Rudy mengatakan, melalui even Job Fair 2020, dirinya bisa mendaftar di beberapa lowongan sekaligus tanpa harus ke masing-masing kantor cabang perusahaan yang ingin dilamarnya dan sudah menyiapkan beberapa berkas.

“Semoga dari beberapa perusahaan yang saya lamar pagi ini, ada salah satu perusahaan yang bisa menerima saya bekerja,” tutup sarjana tehnik ini berharap. (hif/K-1)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya