Kenaikan Harga Bawang Putih Tak Terkendali

Harga bawang putih dalam dua hari terakhir ini naik tak terkendali, yaitu dari Rp33.000 menjadi Rp60.000 per kilogram. Kenaikan tajam yang diluar kebiasaan ini diduga sebagai dampak virus corona.

PALANGKA RAYA, KP — Di duga dampak virus corona, kenaikan harga bawang putih “tak terkendali”, dari Rp 33.000 menjadi Rp 60.000 per kilogram.

Jenta, pejabat Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kalteng pada pertemuan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID), Selasa (04/02/2020) mengakui kenaikan harga itu terjadi dalam dua hari terakhir.

Meski demikian pihaknya tak mengungkapkan korelasi kenaikan harga bawang putih itu dengan virus corona di Wuhan Cina. Hanya saja, soal bawang putih Indonesia masih bergantung impor utamanya dari Cina.

Dia mengakui kalau pasokan dari agen di Surabaya kini memang berkurang dan distribusinya agak “seret”.

Berita Lainnya
1 dari 595
Loading...

Langkah menanggulangi hal itu dijelaskan pihaknya telah berkoordinasi dengan importir agar segera melakukan import, sehingga stok tidak kekurangan dan harga kembali normal. Sedangkan bawang merah normal di Rp 30-35.000 per kilo gram.

Komoditas bawang putih Kalteng kekurangan pasokan mencapai 5.150 ton, per tahun pasalnya kebutuhan mencapai 5.353,63 ton per tahun.

Pertemuan bulanan TPID dengan mass media dipimpin Yusimpul Kaharap dan Pejabat Bank Indonesia Yudo Herlambang, dihadiri pejabat terkait lainnya, diikuti sejumlah mass media lokal dan nasional.

Menurut Yudo Herlambang Januari 2020 Kota Palangka Raya mengalami deflasi -0,06 persen, Sampit ,0,27, sehingga Kalteng inflasi 0,06 persen.

Selama Januari yang juga naik ikan gabus, akibat kekurangan pasokan, mengatasi hal itu, masyarakat perlu diedukasi agar jangan tergantung ikan gabus, sebab ada banyak ikan lainnya.

Untuk stok beras medium di Bulog tersedi 6.665 ton cukup untuk 6 bulan ke depan, demikian pula mingak goreng tersedia cukup. (drt/K-10)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya