Market Day, Latih Mental Wirausaha Sejak Dini

Banjarbaru, KP – Walikota Nadjmi Adhani menghadiri Market Day di SDN 2 Guntung Paikat, Kamis (30/1/2020).

Terlihat kemeriahan di SDN 2 Guntung Paikat, karena seluruh warga sekolah (guru, murid dan orangtua) berpartisipasi dalam kegiatan Market Day tahun 2020.

Market Day adalah sebuah model pembelajaran untuk menanamkan jiwa kewirausahaan sejak dini kepada pelajar di sekolah dengan merekonstruksi pengetahuan dan keterampilan dalam memasarkan produknya kepada teman, guru dan masyarakat sekitar melalui kegiatan bazar atau pasar yang diselenggarakan sekolah.

Peserta market day (penjual) kali ini adalah seluruh siswa didampingi orang tua yang tergabung dalam paguyuban orang tua siswa dari kelas 1 hingga 6. Sedang konsumen atau pembelinya adalah seluruh warga sekolah, termasuk orangtua/wali murid.

Terlihat berbagai jenis makanan yang menarik dan didominasi panganan berbahan dasar singkong serta berbagai jenis minuman dan buah-buahan tersusun rapi.

Berita Lainnya

Lagi, Gebrak Masker di Sungai Sumba

1 dari 1.195
Loading...

Walikota sangat mengapresiasi kegiatan ini. Menurutnya, Pemko Banjarbaru selalu mengembangkan program pendidikan berkarakter di sekolah-sekolah.

Salah satu nilai karakter yang ditanamkan adalah jiwa kewirausahaan (enterpreunership) untuk menanamkan nilai-nilai kemandirian dan mental berwirausahan kepada anak-anak dan pelajar di Banjarbaru.

Pada market day ini, siswa belajar bagaimana mengolah, menghitung dan menjual barang dagangannya untuk memperoleh keuntungan.

“Jika nilai kewirausahaan dan mental mandiri ini tertanam, ketika besar nanti mereka akan menjadi orang-orang mandiri dan pandai berusaha,’’ ucap Nadjmi.

Pada kegiatan ini, Walikota didampingi Kadis Pendidikan, Kepala Sekolah dan Ketua Komite kemudian meninjau dan sesekali mencicipi barang jualan yang disediakan di Market Day. (wan/K-5)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya