Perangkat Desa di Balangan Ikuti Bimtek Penyusunan Aplikasi Profil Desa

Paringin, KP – Sebanyak 160 perangkat desa se Kabupaten Balangan ikuti bimbingan teknis (bimtek) pedoman penyusunan penanggulangan aplikasi profil desa dan kelurahan  dalam mendukung penyelenggaraan Pemerintah desa dan kelurahan, Jumat (07/02) kemarin di Hotel Rattan Inn Banjarmasin.

Kegiatan yang digelar Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Balangan, selain dihadiri Bupati Balangan H Ansharuddin juga dihadiri para camat se Balangan.

Dalam kesempatan itu, Balangan H Ansharuddin mengucapkan terima kasih kepada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Balangan, yang telah melaksanakan kegiatan bimbingan teknis untuk para kepala desa dan aparat desa ini, berkaitan dengan profil desa dan kelurahan.

“Perlu diperhatikan dan diingat oleh semua Kades, profil desa sangat penting untuk perkembangan desa kedepannya, karena berhubungan dengan bantuan dan dana desa,” ujarnya.

Bupati H Ansharuddin menegaskan perangkat desa merupakan ujung tombak pemerintah dalam mewujudkan percepatan pembangunan di pedesaan.

Berita Lainnya
1 dari 1.232
Loading...

“Karena itu  desa harus memiliki sumber daya manusia yang handal, agar percepatan pembangunan dapat terwujud,” katanya

Disisi lain, orang nomor satu di Balangan juga mengingatkan kepada para Kades, agar berhati-hati dalam penggunaan anggaran dana desa, karena harus sesuai dengan anggaran yang disusun di APBDes. “Kemudian juga tidak kalah pentingnya adalah, bagaimana kita menyusun laporan pertanggung jawaban,” katanya.

Sebagaimana diketahui, ucap bupati, Kabupaten Balangan pada tahun 2019 termasuk salah satu yang tercepat dalam menyusun laporan pertanggungjawaban keuangan. Bahkan atas keberhasilan tersebut, kepala desa juga mendapatkan pujian dari pihak kementerian. Berdasarkan keberhasilan itu pula, Ansharuddin memberikan apresiasi dan mengingatkan agar para kepala desa mempertahankan dan meningkatkan pencapaian tersebut.

Tidak kalah penting ujarnya, para kepala desa benar-benar mengayomi masyarakat yang ada di desa. Biar bagaimanapun pemerintahan desa merupakan ujung tombak dari pemerintah.

“Jadi apa yang menjadikan kebijakan bupati, kepala desa juga harus melaksanakan dan memberitahukannya. Termasuk mensosialisasikan kepada masyarakat,” imbuhnya.

“Apabila kinerja aparatur desa semakin membaik, maka tingkat kesejahteraan masyarakat pasti akan lebih meningkat,“ pungkas Bupati. (jun/K-6)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya