PUPR Bangun Empat Jembatan Besar Senilai Rp115 M

Keempat jembatan tersebut masing-masing Jembatan Bromo, Jembatan Sulawesi, Jembatan HKSN dan Gerilya, kemudian penyiringan di Kelayan.

BANJARMASIN, KP – Memasuki tahun keempat kepemimpinan Walikota H Ibnu Sina dan Wakilnya H Hermansyah akan membangun empat jembatan yang sebelumnya salah satunya merupakan janji politik pada saat Pilkada empat tahun yang lalu.

Keempat jembatan tersebut masing-masing Jembatan Bromo, Jembatan Sulawesi, Jembatan HKSN dan Gerilya, kemudian penyiringan di Kelayan, kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Banjarmasin Ir H Arifin Noor kepada awak media, belum lama ini.

Didampingi Sekretaris PUPR Kota Banjarmasin Ir Windiasty Kartika, Arifin mengatakan, pembangunan infrastruktur Kota Banjarmasin tahun ini dianggarkan jauh lebih tinggi ketimbang tahun sebelumnya. Bila tahun lalu hanya Rp273 miliar tahun ini naik 80 persen lebih atau menjadi Rp406 miliar.

Bahkan, kata mantan Kadis Pekerjaan Umum Tabalong ini mengakui anggaran yang dipersiapkan itu banyak diserap pada rencana pembangunan empat jembatan besar.

“Anggaran PUPR Tahun 2020 memang Rp406 miliar itu seperti rencana pembangunan Jembatan Bromo, Jembatan Sulawesi, Jembatan HKSN dan Gerilya, kemudian penyiringan di Kelayan,’’ paparnya lagi.

Berita Lainnya

Satu Anak Digigit, 4 Anjing Liar Dibius

Dewan Atur Sanksi Pelanggaran Prokes

1 dari 1.775
Loading...

Arifin melanjutkan, dari empat jembatan itu yang paling besar anggarannya adalah Jembatan Gantung Bromo yakni Rp45 miliar. Besarnya anggaran untuk jembatan itu sudah melalui perhitungan dan DED-nya.

Kemudian Jembatan HKSN. Jembatan penghubung Kecamatan Banjarmasin Utara dan Barat itu juga terbilang cukup besar yakni Rp42,5 miliar.

Selanjutnya, Sekretaris Dinas PUPR Kota Banjarmasin, Windiasty Kartika menimpali, Jembatan Gerilya Banjarmasin Selatan dianggarkan Rp14 miliar. Yang terakhir Jembatan Sulawesi, jembatan tersebut dianggarkan juga Rp14 miliar. Namun mengambil dari Dana Alokasi Khusus (DAK).

“Selain empat jembatan masih banyak proyek infrastruktur seperti pengerjaan siring di Kelayan, rumah sakit dan lainnya lagi,’’ katanya.

Windi juga menyebutkan, PUPR tahun ini telah mempersiapkan untuk rencana renovasi gedung Balai Kota Banjarmasin (kantor walikota) dengan bangunan hingga 8 lantai.

“Insyaallah tahun depan 2021 mulai dikerjakan. Tahun ini masih menyusun desainnya dan Detail Engineering Design (DED)nya,’’ katanya. (vin/K-5)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya