Sosialisasi Netralitas ASN Untuk Para Camat dan SKPD

Kotabaru, KP – Dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kotabaru H. Said Akhmad Assegaf, Asisten H. M. Hasbi Tawab, para kepala SKPD dan kepala pemerintahan kecamatan se Kotabaru, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kotabaru mengadakan sosialisasi netralitas ASN dalam menghadapi Pemilu Serentak Gubernur dan Bupati di langsungkan di ruang rapat Setda Kotabaru, Operation Room.

Disampaikan Ketua Bawaslu Kotabaru Mohamad Erfan, “Netralitas ASN sangat penting untuk menjaga kondusifitas pilkada yang semakin panas di Kotabaru. kita meminta Pemda memfasilitasi sosialisasi ini, Alhamdulillah semuanya terkumpul”, ujarnya kemudian melanjutkan,

“Dari hasil sosialisasi tadi, mereka semua memahami betul tentang undang-undang ASN yang mengharuskan mereka netral. cuman saat ini posisi mereka tidak enak saat ada bakal calon yang menghampiri mereka, pilihan ini lah yang membuat mereka harus siap dengan konsekuensinya.

Seperti Camat, ketika ada bakal calon yang datang ke wilayahnya untuk berkomunikasi, mereka harus melayani dengan professional sesuai jabatan yang dimiliki di wilayahnya,” beber Erfan.

Berita Lainnya

Sayed Jafar Lantik Tiga Pejabat Kades

1 dari 1.110
Loading...

Pada sasarnya mereka, para ASN, yang hadir sangat bersyukur atas sosialisi yang dilaksanakan oleh Bawaslu, dan mereka menginginkan Bawaslu nantinya dapat menyampaikan dari hati ke hati kepada para bakal calon agar tidak melibatkan mereka, karena pilhannya mereka tidak bisa lari.

Erfan menegaskan, apabila masih ada pelanggaran yang dilakukan oleh ASN setelah penetapan pada tanggal 7 Juli nanti, pihaknya akan memproses mereka. Apabila terbukti, akan ada sanksi yang akan diberikan oleh Komisi Asn di Jakarta seperti sanksi moral, administrative, bahkan sanksi pidana.

“Namun, apabila bawaslu tidak memproses laporan tentang pelanggaran, Bawaslu harus siap menerima konsekuensinya dilaporkan ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu,” tandas Erfan.

Sementara Sekretaris Daerah Kotabaru H Said Akhmad mengatakan “Undang-undang ASN sudah jelas tentang kenetralan ASN. Sosialisasi dari Bawaslu ini untuk menegaskan kembali.

Posisi politis saat ini sangat sulit dihadapi, jangan sampai nantinya ketidak tahuan mereka menjadi korban politis. Pemerintah Daerah juga sudah membuat surat edaran kepada seluruh SKPD, Camat dan juga Kepala Desa tentang netralitas ASN,” pungkas Sekda. (and/K-6)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya