Tahun ini Desa Jangkang bakal nikmati listrik, kata Ketua DPRD Kapuas

Kuala Kapuas, KP – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, Ardiansah mengatakan, bahwa pada tahun 2020 ini, Desa Jangkang yang merupakan ibu kota Kecamatan Pasak Talawang, bakal menikmati aliran listrik dari PT. PLN Persero.

“Listrik ini berupa Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yang dibangun di Desa Jangkang untuk mengaliri listrik ke desa-desa sekitar. Sehingga permasalahan penerangan yang selama ini belum terwujud di Pasak Talawang bisa diatasi,” kata Ketua DPRD Kapuas, Ardiansah, di Kuala Kapuas, kemarin.

Lokasi pembangunan PLTS pun sudah di periksa oleh PT PLN Persero Palangka Raya. Desa jangkang siap menyediakan lokasi PLTS dengan beberapa titik alternatif.

“Kita mengharapkan tahun ini agar bisa dibangun, lokasi tidak ada masalah, tinggal pilih ada tiga alternatif. Karena Desa Jangkang sudah menyiapkan lokasi yang strategis untuk pembangunan PLTS,” ujar legislator asal Partai Golongan Karya (Golkar) ini.

Sementara terkait rencana pembangunan PLTS, Ardiansah bersama Sekretaris Bappeda Kabupaten Kapuas, Budi Rario, Camat Pasak Talawang, Kepala Desa setempat serta perwakilan PT PLN Persero dari Palangka Raya, beberapa waktu lalu telah melakukan tinjauan kelokasi yang menjadi tempat rencana pembangunan PLTS tersebut.

Dalam tinjauan tersebut,Sekretaris Bappeda Kabupaten Kapuas, Budi Rario menyampaikan, bahwa nanti Jangkang akan dijadikan gardu induk listrik PLTS yang ada di Desa Pujon dan Desa Bajuh.

“Ada dua desa yang akan dijadikan gardu induk listrik PLTS yakni di di Desa Pujon dan Desa Bajuh,” kata Budi Rario.

Sementara itu, Camat Pasak Talawang, Arthir Menteng mengatakan, pihaknya sangat mengharapkan PLTS segera dibangun dan bisa beroperasi. Karena selama ini warga setempat menikmati listrik dengan menggunakan genset.

“Selama ini masyarakat kita sangat mengharapkan sekali adanya pembangunan PLTS di desa mereka. Diharpakan ini segera dibangun, agar masyarakat dapat menikmati penerangan listrik,” harap Arthir Menteng.

Senada juga disampaikan oleh Kades Jangkang, Adinata yang juga berharap lokasi pembangunan tidak beralih ke wilayah lain. Karena lokasi dan dukungan sepenuhnya akan diberikan Desa Jangkang.

“Kami sangat mendukung adanya pembangunan PLTS di desa kami. Ini kita harapkan lokasi pembangunan jangan beralih ke wilayah lain. Karena warga kami sangat mengharapkan adanya penerang listrik,” ucap Adinata.

Sementara itu, perwakilan PT PLN Persero dari Palangka Raya, Moh S. Yusron, membenarkan akan dibangun PLTS di daerah setempat. Pembangunannya dipastikan di Desa Jangkang, namun pihaknya masih melakukan pertimbangan beberapa titik yang akan ditunjuk di desa tersebut.

“Ya tahun ini akan dibangun PLTS. Nanti hasil survey lokasi ini akan kita laporkan untuk bahan pertimbangan,” demikian Moh S. Yusron. (Al)

Loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...