Tinjau Banjir, Forkopinda Serahkan Bantuan Logistik

Tanjung, KP – Bupati Tabalong bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) serta Ketua tim penggerak PKK setempat melakukan peninjauan pasca banjir serta menyerahkan bantuan logistik makanan ke daerah selatan Kabupaten Tabalong belum lama tadi.

Rombongan mengunjungi empat desa yang terdampak banjir yakni, desa Ampukung, Sei Rukam 1, Sungai Durian dan Desa Batang Banyu.

Kepada wartawan, Camat Kelua Rahadian menyampaikan, bahwa sebanyak 256 kepala keluarga (KK) warga desa Ampukung yang rumahnya terendam banjir lebih dari 50 cm.

“Rumah warga yang terendam paling banyak di RT 07 sekitar 82 KK dan RT 08 sebanyak 75 KK” terangnya pada awak koran kontras.

Terpisah, warga RT 08 desa Ampukung, Darmansyah (52) mengungkapkan banjir yang merendam permukiman mereka adalah yang terparah dalam beberapa tahun terakhir.

Air mulai naik dan menggenangi permukiman warga Ampukung sejak Jum’at lalu sambungnya.

“Alhamdulillah sekarang banjir sudah mulai surut sejak pagi tadi,” ujarnya.

Darmansyah juga senang dapur umum di permukiman mereka mendapat bantuan logistik dari Dinas Sosial Kabupaten Tabalong yang bekerja sama dengan pihak PLN dan Bank Kalsel.

Hal senada juga disampaikan oleh kepala desa Sei Rukam 1, H Hasan Asy’ari, Ia merasa senang dikunjungi rombongan pejabat daerah serta di bantu kebutuhan logistik bahan makanan.

“Kondisi terakhir hari ini masih sekitar 37 KK dengan hampir 100 jiwa warga RT 04 yang dapurnya masih terendam air dan tak bisa memasak,” terang H Asy’ari.

Berita Lainnya
1 dari 1.124
Loading...

Dengan adanya bantuan bahan makanan ini, dapur umum bisa memenuhi kebutuhan makan mereka ujarnya senang.

Selain menyerahkan bantuan logistik secara simbolis, ketua tim penggerak PKK kabupaten Tabalong, Syarifah syifa juga membagikan buku tulis pada pelajar, baik SD dan setara SLTP.

Yulianti (15), pelajar MTs 3 Tabalong mengaku senang di beri buku tulis secara gratis.

“Waktu banjir sekolah diliburkan dan tak ada buku pelajaran yang terendam banjir,” sebutnya.

Keterangan warga, wilayah desa Batang Banyu yang terendam air berada di RT 01, 03 dan 04 serta beberapa buah rumah di RT 02 dengan kondisi air masih naik.

Selain itu, Pemkab juga menjanjikan perbaikan rumah warga yang rusak akibat banjir beberapa waktu lalu,  juga Pemkab melalui Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani langsung juga akan memberikan bantuan kepada petani yang terdampak banjir.

“Nanti kita akan memberikan bantuan benih padi dan ikan untuk petani kita yang kemarin sawah dan kolam ikannya terdampak banjir” janjinya.

Pihaknya saat ini sedang melakukan pendataan berapa lahanyang rusak akibat banjir.

“Insyaallah hari rabu kita sudah punya data yang lengkap tentang infrastrukur dan fasilitas yang rusak serta berapa jumlah luas lahan yang terendam dan hal yang lainnya juga” terangnya ketika menyerahkan bantuan logistik di wilayah selatan.

Anang juga menyatakan jika banjir Tabalong sudah surut, setelah Ia secara langsung meninjau lokasi banjir di beberapa desa.

“Kita lihat tadi di Sei Rukam 1 sudah kering, itu berarti saya bisa menyatakan bahwa banjir di Tabalong sudah surut,” demikian pungkas Bupati Tabalong. (ros/K-6)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya