Pengrajin Sasirangan Miliki Gedung Baru

230

Pelaihari, KP – Kabupaten Tanah Laut Kecamatan Tambang Ulang kini memiliki Gedung Pusat Promosi Sentra Industri Kecil Menengah (IKM) Sasirangan yang diresmikan Bupati H Sukamta, Kamis (13/2/2020).

Turut berhadir Forkopinda, Forkopincam, Kepala SKPD, pengrajin serta masyarakat Desa Tambang Ulang Orang nomor satu di Tala Sukamta menyebut jika gedung ini merupakan bangunan yang paling lengkap yang dibangun bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK), karenanya diharapkan agar dimanfaatkan sebaik mungkin untuk mempromosikan produk IKM yang ada di Tambang Ulang khususnya.

“Ini merupakan usaha keras dari pemerintah untuk pengrajin kita, sebagai kebijakan meningkatkan Sasirangan sebagai salah satu unit pertumbuhan ekonomi kita. Mari kita manfaatkan secara optimal, untuk pengrajin kita,” jelas Bupati.

Bupati juga menyebut tidak mudah untuk memindah pasar yang semula berlokasi di tempat yang sama. Pasalnya berpengaruh pada penghasilan bagi pedagang, karenanya memindahkan pasar ke tempat yang baru perlu usaha keras dari berbagai pihak.

“Sebuah kebijakan pasti akan menimbulkan pro dan kontra, pemerintah kabupaten memikirkan untuk memindahkan bukan menggusur begitu saja tanpa ada lokasi baru. Dan kita memindahkan juga ke tempat yang ramai, kalau omzet turun itu wajar karena masih baru dan ini berhasil kita laksanakan,” ungkap bupati.

Beliau juga mengucapkan terimakasih banyak atas usaha semua pihak termasuk Camat Tambang Ulang, dan Forkopincam serta kepala desa sehingga pemindahan pasar tidak terkendala dan berjalan lancar.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerind) Masturi menyebutkan pembangunan gedung ini menelan biaya sebesar Rp 1,8 miliar sudah termasuk pembuatan pagar, pengadaan mebeller dan sarana lain yang terdapat di gedung ini.

Disebutkan juga, keberadaan gedung ini karena memang pemerintah pusat khususnya Kementerian Perindustrian tertarik dengan keberadaan pengrajin Sasirangan yang ada di tempat ini dan mengalami pertumbuhan dalam produktivitasnya.

Masturi juga memaparkan jika penggunaan gedung ini tidak hanya untuk promosi produk tapi juga digunakan untuk pelatihan bagi masyarakat. (rzk/K-6)

Loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...