Antispasi Wabah Corona, Tabalong Bentuk Tim

Tanjung, KP – Mewabahnya virus corona atau COVID-19 di bebarapa negara, termasuk Indonesia, Kabupaten Tabalong bentuk tim antispasi, termasuk informasi agar terkendali, tim juga secara resmi menunjuk juru bicara pemerintah, yakni Kepala Dinas Kesehatan setempat.

Hal itu, diungkapkan Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Humas) Pemerintah Kabupaten Tabalong Zahirsyah Manuar, belum lama tadi di acara pertemuan antara Pemkab Tabalong dengan sejumlah wartawan di Aula Asset Setda setempat.

Menurut Zahir, ditunjuknya Kadinkes sebagai juru bicara terkait virus yang lagi viral meresahkan masyarakat tersebut untuk mengantispasi informasi liar, sehingga bisa meresahkan masyarakat khususnya di Kabupaten Tabalong .

Menurut data yang ada, sebaran virus ganas asal Cina sudah tiba di Indonesia bahkan sudah kebeberapa daerah, dan melihat hal itu bencana ini dipandang serius oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Tabalong dengan menyiapkan segala kemungkinan kedatangan corona di Bumi Sarabakawa.

Dalam pertemuan tersebut, Pemkab Tabalong melalui Dinkes setempat serius sikapi COVID-19 ini, diantaranya dengan menyiapkan tim di rumah sakit, serta penanganan informasi pada masyarakat lewat dinas kesehatan.

Dihadapan Anggota Komisi I DPRD Tabalong Dinas Kesehatan menyampaikan kesiapan daerah dalam penanganan virus Covid-19. Begitupula terkait berita agar tidak simpang siur, pemerintah daerah ambil langkah dengan menunjuk dinas kesehatan sebagai corong informasi satu pintu untuk memberikan sebaran informasi akurat.

Ketua Komisi I DPRD Tabalong H Supriani mengatakan mendukung secara penuh upaya pemerintah daerah dalam kesiapan menghadapi corona termasuk pembelian alat-alat deteksi yang diperlukan.

Pihak Rumah Sakit Badarudin juga sudah sangat siap, apabila virus mematikan ini sampai ke Bumi Sarabakwa, yakni membentuk tim dan menyiapkan segala kelengkapan termasuk pakaian medis ambulan dan ruang isolasi, serta petugas medis dan petugas kamar mayat khusus corona, pada keadaan terburuk, tim bisa bekerja dalam dua regu berbeda.

Kepala Dinas Kesehatan Taufiqurrahman, yang juga sebagai juru bicara pemerintah terkait COVI-19, mengatakan tim khusus juga telah memeriksa mahasiswa yang datang dari Cina dan terus memantau kesahatan para mahasiswa tersebut dan memastikan tidak terjangkit wabah corona.

Selain itu, tim juga mendatangi PT PT Conch South Kalimantan Cement dan PT Adaro serta MSW yang mempekerjakan orang asing, untuk di pantau kesehatan mereka dan tim terus bekerja sama dengan poskes, postu serta klinik perusahaan untuk menjaring keberadaan virus ini.

“Alhamdulilah sampai hari ini Tabalong aman, mudah-mudahan jangan sampai ada korban, kami dinas kesehatan dan Bupati Tabalong juga sudah mengintruksikan persiapan serius daerah kita termasuk izin menggunakan dana APBD dalam penanganan corona,” ujar Taufiqurrahman.

Dinas Kesehatan juga bekerjasama dengan Dinas Perhubungan (Dishub) untuk menyisir orang yang datang ke Kabupaten Tabalong lewat Bandara Warukin dan lainnya.

Dari pantauan KP, beberapa instansi di Kabupaten Tabalong juga telah melakukan langkah intispasi, diantara Kodim 1008 Tanjung, dengan melakukan pembatasan, bahkan tidak memberikan ijin untuk anggotanya kerja atau perjalanan keluar daerah dalam beberapa waktu kedepan. Begitu pula dengan Polres Tabalong dengan melakukan pemeriksaan suhu tubuh diberlakukan bagi seluruh anggota Polres Polres Tabalong, sebelum memasuki mako guna antisipasi penyebaran virus corona.

Tak hanya mengukur suhu tubuh, setiap personel pun diminta mencuci tangan dengan cairan antiseptik yang telah disiapkan sebelum memasuki mako.

Kapolres Tabalong AKBP M. Muchdori, S.IK, CFrA mengatakan “Kalau dalam pemeriksaan ini ditemukan personel yang suhu tubuhnya melebihi normal, akan langsung dilakukan pengecekan lebih lanjut,” ujarnya belum lama tadi

“Kami juga berikan penyuluhan kepada masyarakat yang datang ke Makopolres. Kami ingatkan mereka untuk menjaga kesehatan,” demikian tambahnya Kapolres. Se

Selain pemeriksaan suhu tubuh, personel Polres Tabalong juga rutin melakukan kegiatan kebersihan pada ruang masing-masing dan menyediakan cairan antiseptik disetiap ruangan serta menyediakan sabun cuci tangan. (ros/K-6)
 

Loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...