Biofarma Pastikan Vaksin MR Bebas Zat Haram

Martapura, KP – PT Biorfarma selaku penyedia vaksin measles rubella (MR) SSI produksi India menyatakan vaksin tersebut aman dan tak mengandung zat haram. Vaksin MR SSI India juga digunakan oleh negara-negara OKI.  

Hal ini dikatakan tim advokasi imunisasi Biofarma dr Mahsun Muhammad saat menerima kunjungan Dinas Kesehatan dan para tokoh agama Kabupaten Banjar, di Bandung kemarin.

Dikatakannya, penggunaan tripsine hanya untuk menggemburkan media tanam, sebelum bibit virus diletakkan, seperti layaknya petani yang menggemburkan tanah pakai cangkul, kemudian ditaburi bibit. 

“Cangkul tersebut tripsinnya dan benih padinya bibit virus yang kita tanam,’’ imbuhnya.

Sebelum diedarkan, vaksin pun terlebih dahulu diperiksa menggunakan alat PCR DNA untuk memastikan tak ada lagi kandungan tripsine di dalamnya.  

Berita Lainnya

Pilkada Jangan Jadi Ajang Penularan Covid

Raudathul Resmikan TK Alquran

1 dari 1.175
Loading...

Di Biofarma bahan baku saja, sambungnya, difilter ketat, baik dari keamanan produk maupun kehalalannya. Menurutnya, penting memberikan pemahaman pada masyarakat tentang vaksin, bagaimana vaksin bisa mencegah penyakit dan apa saja manfaat lainnya.

Tim internal pengembangan vaksin halal Biofarma Oom Oman Abdurrahman menambahkan, pihaknya juga ada tim halalnya dan melibatkan ulama untuk produksi vaksin.

Kadis Kesehatan Banjar dr Diauddin menjelaskan, kedatangan pihaknya ke Biofarma ini guna mengetahui bagaimana produksi vaksin MR. Jadi diharapkan, setelah sebelumnya dapat penjelasan MUI Pusat, sekarang juga mendapat pemahaman terkait bagaimana pembuatan vaksin tersebut.

Ditambahkan Diauddin didampingi Kabid P2P Akhmad Mahmud, pada kunjungan ini Dinkes juga mengikutsertakan sejumlah tokoh dan guru agama, agar mengetahui secara langsung bagaimana cara pembuatan vaksin MR dan pendapat dari MUI Pusat.

“Semoga tak ada lagi keraguan di masyarakat,’’ harapnya. (wan/K-5)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya