Bupati Minta Tingkatkan Kesadaran Kebersihan

Muara Teweh, KP – Bupati Barito Utara H Nadalsyah meminta kepada seluruh aparatur sipil negara (ASN) serta masyarakat untuk meningkatkan kesadaran kebersihan, karena masalah sampah menjadi isu global dan nasional.

Hal ini disampaikan pada saat apel gabungan sekaligus puncak Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2020, Jumat (6/3) di halaman kantor bupati setempat.

Dijelaskannya, cara penanggulangan sampah yang salah akan menimbulkan masalah, diantaranya, banjir, wabah penyakit, pencemaran lingkungan, tanah longsor, keracunan, dan lain-lain.

“Semua pihak mempunyai kewajiban dalam mengelola sampah karena setiap manusia setiap harinya menimbulkan sampah,” katanya.

Menurutnya, dalam mengatasi persoalan sampah ini, pemerintah pusat dan daerah tidak bisa bekerja sendiri-sendiri, perlibatan seluruh komponen masyarakat dalam pengelolaannya sangatlah dibutuhkan.

Berita Lainnya

KPU Barut Umumkan DPS Pilkada 2020

1 dari 505
Loading...

Lanjut dia, mengingat persoalan sampah merupakan persoalan serius dan multi dimensi sehingga diperlukan resonansi kepedulian persoalan sampah secara terus menerus.

Selain menyoroti permasalahan sampah, bupati juga mengingatkan kepada seluruh masyarakat agar berhati-hati terhadap penyebaran virus corona yang terus meluas keberbagai negara.

Khususnya kepada masyarakat Barito Utara agar menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) agar terhindar dari penyebaran Corona Virus (CoV) atau COVID-19.

Berbagai cara agar terhindar dari virus Corona diantaranya mencuci tangan dengan benar, menjaga daya tahan tubuh, menghindari ke daerah/negara yang terjangkit, dan menghindari kontak dengan hewan yang berpotensi menularkannya.

“Segera memeriksakan diri apabila mendapati gejala seperti demam, batuk pilek, gangguan pernafasan, sakit tenggorokan, lemah dan lesu,” tukasnya. (asa/K-10)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya