Hari Ini Sekolah Mulai Diliburkan

Banjarmasin, KP – Terhitung sejak hari ini Selasa (17/3/2020), sekolah yang berada di bawah naungan Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Banjarmasin baik PAUD, SD, maupun SMP mulai diliburkan.

Kebijakan ini diambil menyusul adanya surat edaran dari Kemendikbud RI tentang pencegahan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Pada Satuan Pendidikan. Dan hasil rapat jajaran Pemko Banjarmasin.

“Sore ini Kadisdik sudah berkoordinasi dengan Kepala Sekolah, agar besok (hari ini) anak-anak sudah libur,” ucap Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina di balaikota, Senin (16/3/2020).

Ibnu mengatakan, libur sekolah ini berlaku hingga 14 hari kedepan. Dan tak menutup kemungkinan masa libur akan ditambah, jika dipandang perlu.

“Sesuai araha pusat kita kan melihat perkembangan 14 hari kedepan. Sesuai masa inkubasi, dari virus ini,” jelasnya.

Kebijakan ini juga diambil sebagai upaya memberikan jaminan khususnya kepada pelajar agar terhidar dari dampak wabah virus mematikan tersebut. Selain itu juga sebagai upaya memutuskan mata rantai penyebarannya.

Berita Lainnya

Pulih di Tengah Ancaman

1 dari 1.037

“Sebagai upaya kita memutus mata rantai penyebarannya Covid-19 ini, salah satunya adalah dengan meliburkan siswa SD, SMP, dan PAUD yang dibawah kewenangan Pemko Banjarmasin,” ujar Ibnu.

Kendati demikian, yang perlu diingat ujar Ibnu, bahwa libur sekolah ini buka libur seperti biasa. Meski libur, anak-anak masih harus tetap belajar di rumah dan diawasi oleh orang tua.

Selain itu, yang terpenting libur ini harus diisi dengan kegiatan di rumah. Dan jangan sampai disalahgunakan untuk berkeliaran di luar, terlebih ke tempat keramaian.

“Dengan membagikan tugas selama libur, dan memastikan anka didik belajar dirumah dan didampingi orang tua, dan tak berkeliaran ke tempat keramaian. Pastikan ini bukan libur biasa, karena sipatnya ini pencegahan,” tegasnya.

Ibnu pun mengaku bahwa banyak aspirasi orangtua di tempat pendidikan yang sudah menunggu-nunggu terkait kebijakan ini. Akan tetapi Pemko memang baru mengambil kebijakan setelah adanya pernyataa siaga bencana Corona oleh Pemprov Kalsel.

“Mudahan ini upaya Pemko untuk memberikan rasa mana bagi orang tua, karena banyak aspirasi untuk segera liburankan. Jadi kami ingin tetap berpeganga dengan aturan, karena Provinsi juga sudah mengeluarkan status siaga penangana Corona ini,” pungkasnya. (sah/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya