Lantai Dua Pasar Telawang Bakal Dialihfungsikan

Banjarmasin, KP – Bangunan lantai dua Pasar Telawang di Kecamatan Banjarmasin Tengah bakal dialihfungsikan. Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin berencana memanfaatkannya untuk keperluan lain.

Kepala Bidang PSDP dan Pasar Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Banjarmasin, Ichrom M Tesar mengatakan, di situ nantinya akan dibangun aula untuk Disperdagin.

Selain itu juga ada keinginan agar bangunan itu difungsikan untuk perkantoran seperti UPT pasar, ataupun sekretariat organisasi masyarakat yang masih belum memilikinya.

“Di atas itu apakah nantinya digunakan untuk aula atau kantor, bisa kantor UPT, atau yang lain seperti Baznas. Ini sesuai arahan pimpinan,’’ ujar Tesar, Jumat (13/3/20).

Lantas bagaimana nasib para pedagang yang masih berada di sana? Mereka rencananya bakal direlokasi. Para pedagang itu bakal dipindah ke lantai dasar dan dibuatkan tempat baru.

“Pedagang pasar di atas direlokasi ke bawah. Dibuatkan bangunan tersendiri,’’ katanya.

Berita Lainnya

Guru dan Penulis Tanbu Apresiasi e-book iKalsel

Akademisi ULM Kritik Reduksi Mapel Sejarah di SMA

1 dari 1.760
Loading...

Tesar membeberkan, rencana relokasi ini juga sudah diketahui para pedagang. Sebab, sudah ada komunikasi sebelumnya meski hanya beberapa.

Bahkan, ujar Tesar, pedagang memang berkeinginan untuk dipindahkan ke lantai dasar. “Musyawarah memang belum, tapi ini usulan dari mereka juga, sebagian ada yang menyampaikan kalau bisa yang di atas turun ke bawah,’’ katanya.

Alasannya, lantaran pembeli cenderung malas untuk naik. Inilah yang menjadi pertimbangan Pemko untuk mengalih fungsikan lantai dua itu.

“Karena banyak dari masyarakat tak mau naik ke atas. Apalagi yang tua nggak mau lagi naik ke atas. Itu kata mereka,’’ jelasnya.

Lebih lanjut, saat ini tercatat hanya sekitar 20-30 yang tersisa, dari sebelumnya 160 pedagang yang ada di sana. “Mereka inilah yang di pindah ke bawah,’’ imbuhnya.

Lalu kapan rencana ini akan dilakukan? Tesar menjelaskan, untuk relokasi pedagang dan pembangunan tempat baru akan diusulkan di anggaran perubahan 2020 ini. Sedang untuk pemanfaatan bantuan lantai dua kemungkinan dilakukan di 2021 nanti.

“Anggarannya masih belum diketahui. Rencananya kita usulkan di perubahan. Untuk relokasi yang ke bawah. Tapi kalau untuk aula mungkin kita lakukan di 2021,’’ pungkasnya. (sah/K-5)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya