Masyarakat Dihimbau Jadi Nasabah Bank Sampah

Banjarmasin, KP  – Wakil Ketua DPRD Banjarmasin, Hj Ananda menghimbau masyarakat agar menjadi nasabah bank sampah. Karena sampah  yang dibuang selama ini tidaklah benar, karena ada beberapa jenis sampah bukan hanya bisa  dimanfaatkan kembali untuk menjadi barang kerajinan berharga, tapi juga  bisa mendatangkan rupiah untuk menambah penghasilan keluarga.

“Tidak itu saja sampah juga bisa disedahkahkan untuk membantu warga yang membutuhkan,“ kata Hj Ananda kepada KP Jumat (13/3/2020) kemarin.

Dikemukakan, , masyarakat kota ‘seribu sungai’ ini  patut mencotoh sejumlah kota besar  di Indonesia, dimana dengan digallakannya  pendirian koperasi    bank sampah  masyarakatnya sudah berhasil melaksanakan salah satu altenatif upaya  untuk mengurangi  pembuangan volume  sampah  ke tempat pembuangan akhir (TPA).

“Belajar dari keberhasilan  itu,   perlu kiranya Kota Banjarmasin peningkatan keberadaan koperasi bank sampah.“ ujarnya, seraya mengemukakan, Rabu (11/3/2020) Sekretariat DPRD Kota Banjarmasin untuk kesekian kalinya menyumbangkan puluhan kilogram sampah bernilai ekonomis.

Dijelaskan wakil pimpinan dewan dari Partai Golkar ini, di Sekretariat DPRD Kota Banjarmasin sudah memiliki bank sampah yang secara rutin, namun sampah dikumpulkan seperti diantaranya kertas kardus dari hasil sumbangan staf  sekretariat serta anggota dewan ini  tidak untuk dijual, tapi  diserahkan melalui Forum Kota Sehat Kota Banjarmasin.

Berita Lainnya
1 dari 1.796
Loading...

Oleh Forum Kota Sehat  lanjut Ananda,  sampah yang disumbangkan itu kemudian dijual  dan hasilnya  untuk membantu masyarakat kurang mampu yang diberikan dalam bentuk barang- barang keperluan atau keperluan untuk sekolah.

Lebih jauh ia mengemukakan, , bank sampah DPRD Kota Banjarmasin ini, dikelola para staf dewan. Sampah yang dikumpulkan dari semua unsur di dewan sendiri, tidak hanya sampah yang bisa didaur ulang dan diproduksi di sekretariat dewan, tapi juga di rumah mereka.

Ananda menjelaskan, keberadaan bank sampah di DPRD Kota Banjarmasin tersebut dimulai sejak periode 2014-2019 lalu. Hanya saja bank sampah yang ada ini, masih kurang disosialisasikan ke masyarakat.

Saat ini pihaknya kembali menggiatkan bank sampah, sebagai bentuk dukungan program dari Walikota Ibnu Sina dan jajarannya. Bank sampah ini dibuka setiap hari Jumat, mulai pukul 09.00 sampai 10.00 Wita.

Jadi, kami menginformasikan kalau bank sampah ini kembali dijalankan. Ini terbuka untuk umum, tidak hanya kepada para anggota dewan, staf sekretariat dewan dan unsur pimpinan saja, jelas Ananda, seraya menambahkan menjadi nasabah bank sampah ini sekaligus guna menindaklanjuti himbauan Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina .

Sebelumnya terkait  Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina mengeluarkan  Surat Edrana tertanggal 8 Agustus 2017 dan berlaku sejak 1 Januari 2018 agar seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemko Banjarmasin wajib menjadi nabah bank sampah. (nid/K-5)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya