RSD Idaman Siapkan Ruang Transit Khusus Pasien Corona

Banjarbaru, KP – Sebelum dipindahkan ke rumah sakit rujukan di Kalsel, Rumah Sakit Daerah (RSD) Idaman Banjarbaru menyatakan kesiapannya menjadi rumah sakit transit jika ada pasien diduga teridentifikasi terpapar virus Corona.

Kasi Pelayanan Medik RSD Idaman dr Siti Ningsih mengatakan, pihaknya siap dengan menggunakan fasilitas dan tenaga medis yang tersedia.

“Kami juga sudah mendapat surat dari Kementerian Kesehatan yang meminta data tentang kesiapan RSD Idaman menghadapi virus corona,’’ ujarnya didampingi Kabag TU Firmansyah, kemarin.

Kesiapan tersebut, lanjutnya, ditunjukkan dengan menyiapkan ruang isolasi untuk transit di IGD dan jika ada pasien berstatus pengawasan atau diduga corona, akan cepat ditangani. Yang bersangkutan bakal dimasukan ke IGD dan diperiksa petugas.

Berita Lainnya

Pjs Walikota Tegaskan Netralitas ASN

1 dari 1.200
Loading...

“Jadi tidak bercampur dengan pasien lain guna menghindari kontak yang lebih banyak,’’katanya.

Dijelaskannya, kesiapan sebagai rumah sakit transit sudah disepakati dalam rapat dengan Dinas Kesehatan Kalsel dan apabila diberi kepercayaan jadi rumah sakit rujukan, pihaknya siap menjalankannya.

“Kami siap dengan sumberdaya yang dimiliki, termasuk sarana prasarana serta fasilitas lainnya,’’ tandasnya.

Kabag TU Firmansyah menambahkan, pihaknya mengimbau masyarakat tidak perlu khawatir berkaitan virus corona, karena proses penyebarannya tidak melalui saluran udara.

“Tetapi melalui droplet atau percikan air ludah, disamping kesadaran perilaku hidup bersih dan sehat,’’ pesannya. (wan/K-5)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya