Waspada Covid-19, DBD Jangan Lengah

Indonesia adalah negara tropis, dimana bukan hanya virus saja yang bisa menyerang kesehatan masyarakat tetapi juga bakteri yang bisa menyebabkan berbagai macam penyakit.

BANJARMASIN, KP – Ketua Komisi IV DPRD Kota Banjarmasin, Matnor Ali mengingatkan, meskipun pemerintah dan semua pihak serta masyarakat saat ini tengah fokus dan berusaha keras menghadapi penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), namun jangan lengah dan tetap waspada terhadap penyakit lain.

“Masalahnya, di tengah musim hujan seperti sekarang masih banyak jenis penyakit lain yang berbahaya seperti Demam Berdarah (DBD).  Semua penyakit harus diwaspadai tidak hanya virus corona saja,’’ kata Matnor Ali kepada wartawan di ruang komisi IV DPRD Kota Banjarmasin, (19/3/20).

Ketua komisi diantaranya membidangi masalah kesehatan ini mengatakan, Indonesia adalah negara tropis dimana bukan  hanya virus saja yang bisa menyerang kesehatan masyarakat tetapi juga bakteri yang bisa menyebabkan berbagai macam penyakit.

Menurutnya, penyakit DBD salah satu penyakit mematikan. Tapi karena sekarang ini semuanya memang lagi fokus Covid-19 sebab sifatnya massal dan mudah sekali menular, maka penyakit yang semula menyerang warga kota Wuhan Cina hingga menyebar di banyak negara belahan dunia termasuk Indonesia ini sangat ditakuti  

“Apalagi penyakit akibat serangan yang virus dan sama sekali tergolong baru ini sampai sekarang belum ditemukan vaksin penangkalnya,’’ ujarnya.

Berita Lainnya
1 dari 1.746
Loading...

Menyikapi ancaman penyakit DBD tersebut, Matnor Ali mengemukakan, komisi IV sudah melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin untuk mengambil langkah pencegahan dan antisipasi lebih awal.

“Kami sudah meminta sekaliguskan mengingatkan kepada Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes), Machli Riyadi, agar siap dan tidak hanya terfokus pada penanggulangan penyebaran virus corona saja, tapi juga harus mewaspadai ancaman penyakit lainnya seperti DBD atau demam berdarah,’’ kata Ketua Komisi dari Fraksi Partai Golkar ini.

Lebih jauh Matnor Ali menekankan, perlunya gotong royong untuk mengantisipasi berbagai penyakit tersebut bersama-sama dengan menggalakkan aksi kebersihan baik lingkungan sekitar, maupun di rumah masing-masing.

Seperti, lanjutnya, memeriksa dan membesihkan tempat-tempat bersarangnya nyamuk baik dalam maupun di luar sekitar rumah, memberikan larvasida pada tempat-tempat penampungan air dan melakukan pembersihan atau menguras tempat penampungan air tersebut secara rutin.

Pada bagian lain terkait kebijakan Pemko Banjarmasin meliburkan sekolah dari tingkat PAUD, TK, SD dan SMP, Matnor Ali mengimbau, agar para orang tua memberikan bimbingan kepada anak mereka tetap belajar di rumah masing-masing.

“Jangan malah membiarkan anak didik kita tidak belajar, apalagi sampai berkeliaran di tempat-tempat keramaian seperti mall. Jaga dan awasi mereka agar tetap belajar di rumah, apalagi saat ini pemerintah berusaha keras mengatasi virus corona sebagai salah satu upaya untuk menjaga dan melindungi kesehatan masyarakat,’’ kata Matnor Ali.

Terkait pengawasan selama dua pekan libur sekolah ini, Matnor Ali juga mengharapkan agar seluruh stackholder khususnya Dinas Satpol-PP melakukan pengawasan dilapangan seperti mall, pusat perbenlajaan lainnya atau tempat keramaian umum lainnya dengan memberikan peringatan dan memberikan arahan kepada mereka agar belajar di rumah. (nid/K-5)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya