Dewan Minta Perusahaan Tidak PHK Karyawawan

Banjarmasin, KP – Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kota Banjarmasin, Hilyah Aulia meminta agar perusahaan tidak melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) terhadap karyawannya.

“Meski di tengah merebaknya pandemi virus corona (covid-10) saat ini cukup membawa dampak besar terhadap seluruh sektor perekonomian dan berbagai bidang usaha,,” ujarnya, kepada {KP} Minggu (05/04/2020).

Sebelumnya ia mengakui, imbas merebaknya virus corona sangatlah memukul di banyak sektor perekonomian dan berbagai kegiatan usaha lainnya, lantaran harus mematuhi himbauan pemerintah melakukan social distancing untuk mencegah dan mengantisipasi agar virus corona tidak tambah meluas. Seperti ungkapnya, hotel dan restoran.

Dipaparkannya, sebagai imbas menyebarkan virus corona banyak hotel dan restoran, termasuk kafe di Banjarmasin saat ini dengan terpaksa harus merumahkan atau mengistirahatkan banyak karyawannya.

Dikemukakan, terhadap karyawan yang terpaksa dirumahkan mereka tidak menerima gajih, sementara karyawan yang masih bekerja khabarnya gajih mereka dikenakan potongan hingga 50 persen.

Berita Lainnya
1 dari 1.421
Loading...

“Padahal ditengah kondisi saat ini masyarakat sangatlah membutuhkan penghasilan untuk kebutuhan keluarga mereka . Apalagi sebentar lagi menghadapi bulan suci ramadhan dan hari raya Idul Fitri,” kata Hilyah Aulia.

Kendati lebih jauh Wakil Ketua Komisi dari F-PKB ini mengatakan, jika pandemi virus corona terus berkepanjangan dikhawatirkan akan berimbas pada masalah sosial dan akan bertambahnya jumlah pengangguran.

Masalahnya karena dalam sitauasi seperti saat ini, kata Hilyah Aulian, orang menjadi takut tertular, sehingga masyarakat akan mengurangi aktifitasnya bahkan mengunci diri dengan tetap tinggal di rumah.

Secara terpisah terkait dampak penyebaran virus corona, Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kalimantan Selatan (Kalsel) juga mengimbau, agar perusahaan tak melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) terhadap karyawannya..

Meski Apindo mengakui, di tengah merebaknya pandemi vrus corona yang sudah menyerang ratusan negara, termasuk Indonesia itu berbagai dampaknya dirasakan sulit dihindari..

“Namun dalam menyikapi situasi sulit seperti saat ini kami hanya mengimbau agar perusahaan tak melakukan PHK terhadap karyawan,” kata Wakil Ketua Apindo Kalsel, Salim Fahri. (nid/K-3)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya