Iklan
Iklan
Iklan
MartapuraTRI BANJAR

IKM Kertak Hanyar Buat Masker Kain Sasirangan

×

IKM Kertak Hanyar Buat Masker Kain Sasirangan

Sebarkan artikel ini
BUAT MASKER - Dekranasda Banjar dan IKM Kertak Hanyar buat masker kain sasirangan. (KP/Wawan)

Martapura, KP – Dewan Kerajian Nasional Daerah (Dekranasda) Banjar menyiapkan 1500 kain untuk pembuatan masker. Mereka turut membantu mengatasi kelangkaan masker di tengah pandemi virus corona saat ini dengan memproduksinya dari bahan kain, di Gedung Dekranasa, Martapura, Kamis (2/4).

Ide ini dicetuskan Ketua TP PKK Hj Raudathul Wardiyah. Kendati demikian, masker yang diberikan nantinya bukan masker medis, melainkan masker kain yang tujuan utamanya menghadang aerosol yang keluar dari mulut maupun hidung masyarakat.

Android

Industri Kecil Menengah (IKM) dari Kertak Hanyar membantu dalam pembuatan kain sasirangan. IKM tersebut langsung dibawah binaan Ketua TP PKK Banjar dan kain sasirangannya terbuat dari pewarna alami yang tentu aman bagi pemakainya.

Raudathul mengatakan, pihaknya saat ini tengah menjahit 1.500 lembar masker kain berbahan sasirangan. Masker tersebut siap diserahkan kepada warga Kabupaten Banjar.

”Dengan kondisi kurangnya persediaan masker di Kabupaten Banjar, kami berinisiatif membuat masker kain sasirangan ini, mudah-mudahan bisa membantu masyarakat saat keadaan langka ini,” ucapnya.

Raudathul juga mengimbau, dalam pandemi corona saat ini, masyarakat diminta terus menerapkan PHBS (perilaku hidup bersih dan sehat), sering cuci tangan pakai sabun, jaga selalu imunitas tubuh.

”Bila ada gejala panas, sesak nafas, cepat ke puskesmas terdekat, jangan diam, langsung saja periksakan diri,” pesannya. (wan/K-3)

Iklan
Iklan