Kades di HSU Berinisiatif Periksakan Diri ke Puskesmas

SEJUMLAH – Kades, Camat dan Staf di Kecamatan Sungai Tabukan HSU berinisiatif memeriksakan diri untuk dilakukan tes skrining. (KP/Ist)

Amuntai, KP – Dalam upaya pencegahan penyebaran Virus Covid 19, Kepala Desa (Kades) di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) berinisiatif melakukan pemeriksaan diri dengan melakukan tes skrining di Puskesmas.

Sejumlah kades yang berada di wilayah Kecamatan Sungai Tabukan dan Kecamatan Paminggir, pada Senin (13/4/2020) memeriksakan diri di Puskesmas guna melihat kondidi kesehatan.

Pemeriksaan Skrining ini pila sebagaimana dihimbau oleh Bupati HSU Drs H Abdul Wahid HK MM MSI dalam upaya melakukan pencegahan Virus Covid – 19, dimana setiap Puskesmas di HSU siap melakukan serangkaian tes skrining jika ada warga yang ingin memeriksakan kondisi kesehatan.

Warga di HSU sangat dihimbau dan bagi aparat pemerintah yang baru tiba dari melakukan perjalanan luar daerah untuk memeriksakan diri ke puskesmas guna menjaga kesehatan diri, keluarga dan lingkungan.

Camat Sungai Tabukan H Syahbuddin Nor yang turut memeriksakan diri bersama para staf kecamatan juga menyatakan bangga atas kesadaran Kades untuk datang ke puskesmas menjalani Tes Skrining.

Menurut Camat kesadaran warga di wilayahnya cukup besar dalam upaya pencegahan Covid 19 ini, dimana beberapa desa berinisiatif menyiapkan tempat cuci tangan di depan rumah.

Berita Lainnya

Pelaksanaan SKB di HSU Berjalan Lancar

Peringati HUT ke 4, KAMM KS Bagikan Ribuan Masker

1 dari 209
Loading...

” Kesadaran dan dukungan warga kami juga cukup besar dalam rangka upaya pencegahan penyebaran COVID 19 misalnya beberapa desa berinisiatif menyediakan sarana tempat cuci tangan”, ungkapnya.

Para kepala desa dikecamatan ini juga dengan sigap merespon himbauan bupati untuk membuat spanduk yang berisi himbauan untuk mencegah penyebaran COVID 19 melalui penerapan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Ditambahkan Camat, beberapa perajin bordir dan penjahit di wilayahnya mulai memproduksi masker kain sendiri untuk membantu warganya yang kesulitan mencari masker di apotik dan toko.

Namun, Syqhbuddin bersyukur berdasarkan hasil Tes Skrining hingga saat ini belum ada kepala desa maupun aparat kecamatan yang terdapat gejala terpapar COVID 19 serta belum ada aparat atau warga yang harus menjalani isolasi.

Syahbuddin juga mewajibkan aparat kecamatan khususnya untuk mengenakan masker saat bekerja dan melakukan cuci tangan dengan sabun sebelum masuk ke kantor kecamatan.

“Kita juga melakukan pergiliran bekerja dikantor atau kebijakan shift kerja sesuai anjuran bupati tanpa mengurangi kualitas pelayanan kepada masyarakat,”, lanjutnya

Bupati HSU sangat mengapresiasi kesadaran dan inisiatif para kepala desa dan aparat kecamatan didaerahnya yang bersedia melakukan Tes Skrining (Screening Test) kesehatan guna mencegah menyebarnya Virus Covid 19.

Bupati berharap para kades dan aparat kecamatan lainnya bisa mengikuti jejak serupa dengan memeriksakan diri ke pos pos layanan kesehatan terdekat. (nov/K-6)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya