Iklan
Iklan
Iklan
Banjarmasin

Pedagang Diminta Jangan Timbun Sembako

×

Pedagang Diminta Jangan Timbun Sembako

Sebarkan artikel ini
Muhammad Natsir

Banjarmasin, KP – Anggota Komisi II DRD Kota Banjarmasin, Muhammad Natsir mengingatkan, para distributor, pedagang dan masyarakat untuk tidak menimbun sembako dan tetap bersikap tenang dalam menghadapi virus corona atau covid-19.

Hal itu dikemukakannya kepada KP Jumat (24/4/2020) menanggapi, mulai melonjaknya harga berbagai kebutuhan pokok dalam beberapa pekan terakhir ini.

Menyusul ungkapnya, merebaknya virus corona (covid-19) hingga diterapkannya kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besasr (PSBB) dalam upaya mempercepat penanganan virus corona yang mulai diterapkan Pemko Banjarmasin, Jumat kemarin.

Dikatakan anggota dewan dari F-PDI ini, sengaja menimbun sembako bukanlah perbuatan yang terpuji, karena sangatlah merugikan masyarakat. “ Apalagi di tengah merebaknya penyebaran virus corona ini kita juga tengah melaksanakan Ibadah puasa Ramadhan,” ujarnya.

Menyinggung upaya untuk mencegah dan mengantisipasi penimbunan sembako, Muhammad Natsir meminta agar Pemko Banjarmasin bersama pihak-pihak terkaitnya lainnya termasuk aparat penenggak hukum untuk meningkatkan pengawasan.

Menurutnya, harus ada langkah antisipasi yang dilakukan dengan meningkatkan pengawasan secara ketat terhadap seluruh distribusi pangan dan sembako yang bisa menyebabkan harga berbagai kebutuhan pokok melonjak naik yang pada gilirannya merugikan masyakat untuk memenuhi kebutuhan mereka sehari-hari.

“ Saat ini bangsa kita sedang berusaha dan berjuang keras mengantisipasi dan mencegah penyebaran virus corona. Untuk itu di tengah situasi ini mestinya jangan ada masalah baru seperti menimbun barang kebutuhan poko yang dibutuhkan masyarakat,” katanya mengingatkan.

Lebih jauh Muhammad Natsir, jika ada distributor , pedagang atau pihak-pihak lainnya sengaja memanfataatkan situasi ini haruslah ditindak secara tegas sesuai ketentuan hukum berlaku agar memberikan efek jera.

Ditandaskannya, langkah antisipasi terhadap dampak turunan pandemi covid-19 haruslah dilakukan agar jangan sampai roda perekonomian dan kebutuhan pokok masyarakat tidak terganggu.

Baca Juga:  Nener Ikan Marak Dijual, Pemko Harus Bertindak

Karenanya, Pemko harus mengambil langkah jitu untuk menjamin ketersediaan pangan agar harga-harga kebutuhan pokok tetap stabil, demikian kata Muhammad Natsir. (nid/K-3)

Iklan
Iklan