Rapid Test Acak Tim Gugus, Semuanya Negatif

Banjarmasin, KP – Tim Gugus Tugas Pencegahan, Pengendalian dan Penanganan (P3) Covid-19 Kota Banjarmasin, melakukan tes cepat atau rapid test kepada lima orang secara acak di Duta Mall Banjarmasin, Kamis (23/4).

Mereka yang dipilih secara acak yakni dua pengunjung, pegawai mall, driver ojol, dan Manager Operasional Duta Mall Banjarmasin juga dipilih untuk menjalani test di dalam ambulan keliling milik Pemko Banjarmasin di halaman parkir Mall.

“Gunanya agar kita mengetahui kondisi mereka, karena dengan banyaknya jumlah Orang Tanpa Gejala (OTG) yang ada di Banjarmasin hingga saat ini sekitar 260 orang, sehingga penting untuk melakukan sampling,” ucap Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, Machli Riyadi sekaligus menjabat Juru Bicara Tim Gugus Tugas P3 Covid-19 Kota Banjarmasin.

Machli mengatakan, rapid test secara acak juga akan dilaksanakan di empat titik lagi. “Melakukannya secara acak supaya mengetahui sedini mungkin apakah penularan atau penyebaran itu sudah ke mana-mana, sehingga tempat-tempat umum yang menjadi sasaran untuk kita melakukan bagian dari strategi memutus mata rantai penularan,” tuturnya.

Berita Lainnya
1 dari 1.657
Loading...

Hasil rapid test langsung disampaikan kepada mereka yang dipilih secara acak. semuanya negatif dari Covid-19 atau Virus Corona. “Itu hak mereka untuk tahu bagaimana hasilnya,” imbuhnya.

Jika saja ada yang positif saat di rapid test, maka mereka akan di edukasi untuk selanjutnya karantina mandiri selama 14 hari dirumahnya. “Kalau tidak, ya kita antar kerumah karantina,” tukasnya.

Risdayanti, pegawai salah satu toko di Duta Mall Banjarmasin mengaku memang sejak lama ingin melakukan rapid test guna mengetahui kondisi kesehatannya. “Saya pribadi memang ingin dites dari dulu. Pas banget tadi ada diajak, saya langsung mau. Alhamdulillah hasilnya negatif. Lebih baik jaga-jaga, kalau sudah dites tentu kita dapat mengetahui kondisi kesehatan kita,” pungkasnya.

Terlihat PLT Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Damkar Kota Banjarmasin Ichwan Noor Chalik bersama puluhan petugas Satpol PP juga hadir disana. Mereka akan menegur jika ada pengunjung yang ingin ke mall tidak memakai masker. (vin/K-3)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya