TP PKK HSU Ajak Warga Rajin Cuci Tangan Pakai Sabun

172

Amuntai, KP – Tim Penggerak PKK (TP-PKK) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) sosialisasikan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat dengan membiasakan mencuci tangan dengan sabun kepada warga masyarakat .

Sosialisasi PHBS di tengah masyarakat tersebut bertujuan dalam upaya mencegah penyakit salah satunya sebagai bentuk upaya mencegah dari virus Covid 19 atau corona.

Ketua tim Pokja 4 TP PKK HSU H M Yunus saat menggelar sosialisasi PHBS bersama kader Dasawisma di Desa Ambahai Kecamantan Paminggir beberapa waktu lalu, menyampaikan pentingnya perilaku PHBS dalam pencegahan penyakit.

Menurut Yunus kebiasaan mencuci tangan dengan sabun sangat mudah, sementara manfaatnya sangat banyak bisa terhindar dari macam penyakit.

Berita Lainnya

“Kita mudah lakukan pencegahan salah satunya dengan mencuci tangan dengan sabun dan air bersih mengalir, karena virus itu bisa mati kalau terkena sabun.” Ujarnya dihadapan para kader Dasawisma yang di dominasi kaum ibu-ibu ini, dalam sosialisasi bersama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat.

Selain itu,Yunus juga mengharapkan disamping para kader dapat menjalankan arti penting akan PHBS dalam kehidupan nya sehari-hari, para kader juga diharapkan dapat menjadi posyandu guna kesehatan dan keselamatan ibu, bayi dan balita nantinya.

Sementara itu, hal serupa juga ditekankan Kabid Kesmas Dinkes HSU Eddy Hadriyannor saat memberikan sosialisasikan program PHBS bahwa menjaga kebersihan lingkungan, mencuci tangan dengan sabun dan benar akan menjadi efektif mencegah berbagai macam penyakit.

Selain mencuci tangan dengan sabun, pada kesempatan itu warga juga dihimbau untuk memperhatikan asupan gizi makanan, “Ditambah dengan makan makan yang bergizi, selalu melakukan olahraga dan aktivitas fisik” lanjutnya.

Kabid Kesmas ini juga memaparkan pentingnya penggunaan air bersih, sanitasi yang baik, penggunaan jamban sehat dirumah, pemberantasan jentik nyamuk DBD, tindakan persalinan oleh tenaga kesehatan, pemberian ASI eksklusif serta proses pemeriksaan kesehatan bayi dan balita melalui posyandu setiap bulannya.

Pada kesempatan itu, selaian dicontohkan langsung bagaimana cara mencuci tangan benar juga diisi dengan permainan menarik dan diskusi seputar PHBS. (nov/K-6)

Loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya