Bupati Launching Panggilan Darurat 112 Kabupaten Banjar

Martapura, KP – Bupati KH Khalilurrahman melaunching panggilan Darurat 112 Kabupaten Banjar, di Media Center Barokah, Martapura, Selasa (5/5).

Launching panggilan darurat 112 ini disaksikan Dirjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementrian Kominfo Ahmad Ramli melalui Video Conference. Hadir pula Ketua DPRD M Rofiqi, FKPD, Kadis Kominfo, Statistik dan Persandian HM Aidil Basith, Kepala Bappeda Litbang Galuh Tantri Narindra, Kadis Kesehatan dr Diauddin dan Kepala SKPD lainnya.

Bupati Khalilurrahman mengatakan, lewat Call Center 112 Kabupaten Banjar ini, bisa memudahakan masyarakat dalam menghadapi kondisi gawat darurat.

“112 ditetapkan sebagai nomor tunggal panggilan darurat agar dapat mempermudah masyarakat untuk mengingat dan menghubungi layanan darurat, apalagi dalam situasi sekarang menghadapi pandemi Covid-19 di Kabupaten Banjar,” jelas Guru Khalil.

Menurutnya, Call Center 112 Kabupaten Banjar adalah wujud nyata Pemkab setempat untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, sehingga segala kejadian gawat darurat bisa ditangani cepat dan akurat,” tambahnya.

Dia pun berharap lewat Call Center ini, pelayanan kepada masyarakat lebih baik lagi, mengingat wilayah Kabupaten Banjar yang begitu luas.

Berita Lainnya

Pilkada Jangan Jadi Ajang Penularan Covid

Raudathul Resmikan TK Alquran

1 dari 352
Loading...

Sementara Dirjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kemenkominfo Ahmad Ramli lewat vidcon mengatakan, melalui Call Center 112 masyarakat bisa melakukan panggilan darurat, seperti kebakaran, medis/ambulance, masalah ketertiban dan keamanan, terlebih saat pandemi Covid-19 saat.

”Masyarakat Kabupaten Banjar cukup menghapal 1 nomor 112 untuk melaporkan semua kejadian gawat darurat,” tandasnya.

Bagi pemerintah di daerah yang mengoperasionalkan Call Center 112, tentu mempunyai konsekuensi siap melayani selama 24 jam kali tujuh hari dan ini perlu koordinasi dengan OPD, Polres, PMI dan lainnya.

Kadis Kominfo Aidil Basith menambahkan, peresmian Call Center 112 ini merupakan yang pertama kali di Kalsel. Dari sekian ratus Kabupaten/Kota di Indonesia, Kabupaten Banjar nomor 60.

”Kami berterima kasih kepada Kementrian Kominfo yang sudah membantu,” ujarnya.

Dan untuk pertama Call Center menangani Covid-19, nantinya akan kerjasama dengan kepolisian, pemadam kebakaran dan instansi lainnya. Diharap masyarakat bisa menggunakannya maksimal, tapi jangan sampai main-main dengan layanan ini.

”Layanan ini tidak dikenakan biaya alias gratis. Ada 6 operator yang sudah bergabung, seperti BSTN, Telkomsel, Indosat Oredo, XL Axiata, IM3 dan SmartFren,” pungkasnya. (wan/K-3)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya