Laboratorium Covid 19 Kalteng Segera Beroperasi

Palangka Raya, KP – Pemerintah Daerah Provinsi Kalteng kini sedang membangunan fisik laboratorium pemeriksaan sampel Swab Covid -19 sudah hampir selesai, sehingga segera dalam waktu dekat bisa operasi.

Kepada awak media Wakil Direktur RSUD.Doris Silvanus DR.Theodorus SA, Senin (4/5) dengan datangnya alat PCR maupun perangkat sarana dan prasarana alat kesehatan dan sumber daya untuk laboratorium pemeriksaan Swab yang ada di RSDS milik Pemprov Kalteng tersebut siap dioperasikan.

Theodorus Sapta Atmadja, mengungkapkan, sejak Jumat (1/5/) alat PCR yang dinamakan abGenix Automated Nucleic Acid Extraction System dan abCyclerq Real-Time PCR System didatangkan khusus dari Singapura untuk pemeriksaan Swab Covid-19.

Diakuinya selama ini sampel swab harus dikirim ke Jakarta dan Surabaya, sehingga menyulitkan Kalteng mempercepat proses hasil uji lab, guna mengetahui apakah pasien positif atau negatif.

Berita Lainnya
1 dari 276
Loading...

ngan memiliki laboraturium sendiri, diharapkan uji sampel swab tidak lagi bergantung ke luar daerah, terang Theodorus, teranya.

Sehingga bisa mempercepat proses dan hasil uji laboraturium, yang tidak lagi antre panjang di Jakarta dan Surabaya. Ini akan menghemat anggaran penanganan Covid 19 di Kalteng.

ebab pasien berstatus dalam pengawasan (PDP) cepat diketahui yang mana positif, yang mana negatif segera bisa tertangani sendiri-sebdiri. Yang negatif bisa segera pulang, tidak memenuhi ruangan yang kini telah penuh.

Disisi lain, alat yang ada bisa digunakan untuk uji berbagai penyakit lainnya, seperti hepatitis, B dan C, maupun Dengeu bloid test dan lainnya. (drt/k-10)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya