Pasar S Lewan Paringin Akan Dipasang Palang Parkir Otomatis

Paringin, KP – Pasar S Lewan Paringin akan di pasang palang parkir otomatis oleh Pemerintah kabupaten Balangan. Fungsi dari palang pintu parkir atau palang parkir ini adalah disamping tentu saja lebih memudahkan para pengendara ketika memarkirkan kendaraaannya juga untuk mengetahui secara presisi jumlah kendaraan yang parkir serta meminimalisir pungutan liar yang ujungnya tidak masuk ke Kas Daerah.

Hal ini disampaikan Bupati Balangan H Ansharuddin ketika meninjau progres pembangunan Pasar S Lewan dan lahan parkirnya, yang berada tepat di tengah Kota Paringin berdampingan dengan Lapangan Bola Martasura Paringin, Rabu (27/05/2020) kemarin.

Didampingi Kepala Dinas PUPR, Dinas Perdagangan, Dinas Perhubungan, Dinas Perkim, dan Kasatpol PP setempat, Bupati H Ansharuddin mengecek kesiapan pasar.

“Alhamdulillah pembangunan terlihat sudah rampung, kami ingin pasar baru ini bisa sesegeranya dipergunakan, ya kalau bisa 1 Juni 2020 ini sudah ditempati para pedagang,” ujar Bupati H Ansharuddin.

Dalam waktu dekat, lanjut Anshar akan mengundang para pedagang yang akan ditempatkan pada bangunan baru Pasar S Lewan ini. Jadi lapak-lapak pedagang yang dulunya berdiri disembarang tempat bisa teratur.

Kemudian, tambahnya lagi, lahan parkir yang disiapkan di areal tengah Pasar S Lewan, bisa diisi oleh parkiran mobil dan motor. Dan direncanakan akan memasang beberapa portal parkir otomatis atau elektrik dibeberapa titik untuk akses keluar dan masuk pasar.

Berita Lainnya
1 dari 286
Loading...

“Penerapan portal parkir ini jelas akan menambah rapi parkir yang ada di pasar, tidak ada lagi parkir liar diluar lahan yang disediakan, dan nantinya juga dijaga dengan baik oleh petugas parkir yang mengatur tempat dimana pengunjung pasar nenempatan kendaraannya,” jelas Anshar.

Parking Control System adalah salah satu Manajemen System Per-parkiran yang merupakan solusi terbaik bagi penataan ruang parkir moderen, dengan sistem Barrier Gate atau Palang-Parkir diharapkan dapat meningkatkan pendapatan daerah dari restibusi parkir.

“Pemasangan alat parkir elektronik memang menjadi salah satu cara untuk meningkatkan retribusi parkir. Pemasangan alat parkir elektronik ini, dijadikan percontohan,” tegasnya.

Dilain pihak, Kepala Dinas Perdagangan setempat, A Fauzi menambahkan, di Pasar S Lewan ini menyediakan 32 toko, yang mana ke 32 dibagi dua area, area kiri 16 toko yang diisi pedagang sembako, dan diarea kanan akan diisi pedagang buah.

Sedangkan pembangunan pasar ini sendiri jelas Fauzi, anggarannya diambil dari bantuan CSR Perusahaan Adaro Indonesia dan Mitra kerja seperti PT Pamapersada Nusantara.

“Pembangunan pasar ini sudah selesai, bahkan ada sebagian sudah dipergunakan,” imbuhnya.

Jadi tinggal menunggu serahterima aset dari pihak perusahaan kepada Pemkab Balangan. (jun/K-6)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya