Penanganan Covid-19 PT Arutmin Kintap Dan Asam-asam Sumbang Ratusan Juta

Pelaihari, KP – Guna membantu Pemerintah Kabupaten Tanah Laut memutus mata rantai Covid-19 khususnya di Wilayah Kecamatan Kintap Kabupaten Tala, PT Arutmin Indonesia (AI) Tambang Kintap memberikan paket bantuan penanganan Covid-19 di Wilayah Kecamatan Kintap senilai Rp. 241.398.625.

Bantuan tersebut diserahkan oleh Mine Manager PT AI Tambang Kintap Lutfi Qolbirokhim kepada Camat Kintap Eko Trianto selaku Ketua Gugus Tugas Penanggulangan Covid -19 Kecamatan Kintap disaksikan oleh Bupati Tala H. Sukamta di Gedung Serbaguna Kecamatan Kintap, Rabu (6/5/2020).

Bukan cuma PT AI Tambang Kintap saja yang memberikan bantuan, Kintap Charity komunitas yang terdiri dari para karyawan PT AI Tambang Kintap serta mitra kerjanya juga memberikan bantuan berupa paket sembako senilai Rp 40 juta kepada masyarakat Kecamatan Kintap yang terdampak Covid-19.

Bupati Tala Sukamta selaku Ketua Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Tala mengucapkan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada PT. AI Tambang Kintap yang telah memberikan dana bantuan penanganan Covid-19 dalam bentuk Alat Pelindung Diri (APD) senilai Rp 240 juta lebih.

“Saya ucapkan terimakasih dan apresiasinya karena telah membantu penanganan Covid-19 di Kecamatan Kintap, selain itu kami juga ucapkan PT AI Tambang Asam-Asam yang juga menyalurkan bantuan sebesar Rp 126 juta lebih untuk penanganan Covid-19 di wilayah Kecamatan Jorong, bantuan ini sangat berguna dan semoga bantuan ini bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh kita ,karena kita akan melakukan operasi besar-besaran memberantas Covid-19” ujar Sukamta.

Berita Lainnya
1 dari 224
Loading...

Sulamta juga menambahkan bahwa PT AI Tambang Kintap juga akan memberikan bantuan sebanyak 500 buah alat Rapid Tes untuk Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Tala, Ia mengungkapkan bahwa pengadaan alat Rapid Tes ataupun PCR (polymerase chain reaction) PCR adalah pemeriksaan laboratorium untuk mendeteksi keberadaan material genetik dari sel, bakteri atau virus.

Sangat penting untuk memetakan mana orang yang reaktif atau positif Covid-19 dan mana yang negatif dengan pemetaan tersebut Gugu Tugas akan bisa melakukan karantina kepada orang yang reaktif ataupun positif Covid-19. “Untuk Rapid Tes sangat mendesak sekarang kita memerlukan sebanyak 3.000 buah alat Rapid Tes dan PT AI Tambang Kintap akan memberikan sebanyak 500 buah, saya harap perusahaan lain juga membantu kami dalam memberikan alat Rapid Tes. Nanti kekurangannya akan kita lengkapi dengan pengadaan Rapid Tes dari pemerintah daerah sendiri. Selain Rapid Tes kita akan juga melakukan pengadaan PCR untuk hasil yang lebih akurat” jelasnya.

Orang nomor satu di Pemerintah Kabupaten Tala tersebut mengatakan bahwa Kabupaten Tala siap perang besar-besaran melawan virus corona “Kalau daerah lain mulai memberlakukan PSBB (pembatasan sosial berskala besar), kita juga akan melakukannya tapi dalam bentuk berbeda karena yang akan kita lakukan adalah perang secara besar-besaran (PSBB) terhadap Covid-19,” sebut Sukamta.

Sementara itu Mine Manager PT AI Tambang Kintap Lutfi Qolbirokhim mengungkapkan bahwa PT AI Tambang Kintap sejak awal sudah melakukan upaya pencegahan Covid-19 di perusahaannya salah satunya dengan menerapkan standar protokol pencegahan dan penanggulangan corona bagi para karyawan.

“Kami mengikuti protokol pencegahan Covid-19 bagi pekerja kami, namun kami juga ingin mencegah penularan dilingkungan kerja kami dimana kami bekerja di Kecamatan Kintap. Maka dari itu kami memberikan bantuan ini untuk melindungi lingkungan sekitar kami, karena dengan gotong royong diantara kita semua pasti virus ini dapat segera ditangani” ujarnya.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan Kintap, Direktur RSUD KH. Mansyur Kintap Dr. Endik Arifianto, para Kepala Desa di Kecamatan Kintap, Tokoh masyarakat, Tokoh agama Kecamatan Kintap, dan jajaran Direksi dan Karyawan PT AI Tambang Kintap. (rzk/K-6)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya