Tim GTPP Covid-19 Balangan Terus Gencarkan Sosialisasi

Paringin, KP – Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Provinsi Kalsel yang melakukan monitoring dan evaluasi (monev) penanganan dan pencegahan penyebaran Covid-19 kebeberapa kabupaten, Selasa (25/05) kemarin sambangi Balangan. Kedatangan Tim GTPP Covid-19 Kalsel disambut Ketua Tim GTPP Covid-19 Kabupaten Balangan H Ansharuddin beserta jajarannya di Rumah Dinas Bupati Balangan.

Ketua Harian GTPP Covid-19 Kalsel yang juga menjabat sebagai Sekdaprov Kalsel, Abdul Haris Makkie mengharapkan agar adanya edukasi kepada masyarakat di Balangan perihal pencegahan penyebaran Covid-19. Satu sisi, ia juga mengapresiasi atas tindakan Pemkab Balangan yang menyerukan agar tiap desa meletakan tempat pencucian tangan dan itu terlihat saat melintas menuju wilayah berjuluk Bumi Sanggam.

“Apa yang sudah dilakukan oleh kawan-kawan Gugus Tugas dan Pemkab Balangan bukan tidak berhasil. Tapi, perlu ada penyempurnaan seperti masih banyak yang belum menggunakan masker,” ujar Haris.

Senada dengan itu, Haris juga mengapresiasi karena hampir setiap rumah menyediakan tempat cuci tangan. Artinya ini sudah luar biasa. Hanya saja perlu edukasi bagi masyarakat untuk menggunakan masker.

“Terlebih Kabupaten Balangan merupakan area lintasan dari luar daerah. Sehingga paling penting adalah edukasi terhadap masyarakat. Khususnya protokol kesehatan untuk menggunakan masker, jaga jarak, cuci tangan dan PHBS, penting untuk memutuskan mata rantai Covid-19,” tegasnya.

Berita Lainnya

Fauzan Bantu Korban Kebakaran di Bungin

1 dari 287
Loading...

Haris juga berpesan agar pemerintah tidak boleh berhenti dalam hal penanganan dan pencegahan. Apalagi Kabupaten Balangan saat ini data kasus terkonfirmasi positif Covid-19 pada angka 0.

Sementara, Ketua Tim GTPP Covid-19 Kabupaten Balangan yang dijabat Bupati Balangan H Ansharuddin menyampaikan, akan lebih intens lagi untuk menggelar sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat. Sebagaimana evaluasi dari pihak GTPP Covid-19 Provinsi Kalsel.

“Kita harus lebih waspada untuk pencegahan tersebut, walaupun saat ini Balangan berada pada kondisi 0 kasus. Meski begitu, banyak hal masih harus dilakukan oleh tim GTPP Covid-19 Kabupaten Balangan menuju zona hijau,” ucap Ansharuddin.

Tentunya, sejumlah upaya pencegahan penyebaran Covid-19 dan penanganannya telah dilakukan. Diantaranya, penanganan dampak Covid-19 kepada masyarakat, yakni dana Bantuan Langsung Tunai (BLT).

“Kami juga memasang baliho di desa dan meminta pihak aparat untuk melaporkan apabila ada pendatang,” jelasnya.

Tak kalah penting, saat ini penanganan terhadap dampak pencegahan penyebaran Covid-19 pada masyarakat berjalan lancar. Terutama bantuan-bantuan yang terus mengalir, baik itu berupa dana maupun sembako. (jun/K-6)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya