Tim Gugus Tugas PSBB Rapat Evaluasi dan Empat Fungsi Satgas akan Dipertegas

Banjarmasin, KP – Pemerintah Kota Banjarmasin akhirnya memutuskan, Pemberlakukan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Banjarmasin dilanjutkan.

Keputusan tersebut terpaksa kembali diambil para pemimpin Bumi Kayuh Baimbai saat rapat evaluasi pelaksanaan PSBB tahap pertama oleh Tim Gugus Tugas Covid-19, dan dihadiri seluruh SKPD lingkup Pemko Banjarmasin dan Forkopimda Kota Banjarmasin.

Salah satu pertimbangan melanjutkan PSBB adalah jumlah masyarakat yang terpapar virus mematikan asal negeri Tirai Bambu itu semakin bertambah.

Penerapan status PSBB tahap kedua ini akan dimulai sejak tanggal 8 hingga 21 Mei mendatang. “Kita telah menyepakati PSBB dilanjutkan. Di PSBB tahap kedua ini ada sejumlah komitmen-komitmen dan perbaikan yang harus kita lakukan, diantaranya adalah terkait dengan mempertegas fungsi Satuan Tugas (Satgas),” ujar Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina saat memberikan keterangan pers, Kamis (07/05/2020).

Ada empat Satgas yang tugas dan fungsinya akan lebih dipertegas dalam penerapan PSBB tahap kedua ini, diantaranya Satgas bidang kesehatan yang diketuai oleh Kepala Dinas Kesehatan dan seluruh timnya tapi juga didukung oleh instansi yang lain.

Berita Lainnya
1 dari 1.391
Loading...

Satgas Sistem Pengamanan Kota (Sispam) Kota, dipimpin Kapolresta Banjarmasin bersama anggotanya dibantu Satpol PP, Dishub, dan TNI. Kemudian Satgas penegakkan Perwali diketuai Kasatpol PP, dibantu anggota TNI Polri dan Dishub.

Dan Satgas Sosialisasi terkait kegiatan PSBB oleh Diskominfotik Kota Banjarmasin.

Penegasan fungsi dan tugas Satgas dalam pelaksanaan PSBB tahap kedua ini, diharapkan dapat lebih memberikan dampak positif kepada masyarakat, salah satunya menurunnya jumlah masyarakat terpapar virus Covid-19. “Mudah-mudahan pelaksanaannya bisa lancar di lapangan,” ucapnya.

Rencananya, tim teknis PSBB tahap kedua akan segera merumuskan hal-hal yang dibolehkan dan yang tidak dibolehkan dalam aturan PSBB tahap kedua ini, termasuk terkait dengan jaring pengaman sosial.

Untuk diketahui, sesuai Peraturan Walikota Banjarmasin Nomor 33 tahun 2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Kota Banjarmasin yang diperkuat dengan Surat Keputusan Walikota Banjarmasin, Nomor 446 tahun 2020 tentang Pemberlakukan Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Kota Banjarmasin, yang ditandatangani Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina maka diputuskan, PSBB tahap pertama dilaksanakan mulai tanggal 24 April hingga tanggal 7 Mei 2020. (vin/K-3)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya