BeLasan Wirausaha Pemula Terima Bantuan Modal dari Kementerian KUKM

Kandangan, KP – Sebanyak 19 pengusaha pemula warga Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), menerima bantuan dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (KUKM) setelah difasilitasi Pemkab HSS melalui Dinas Tenaga Kerja, Koperasi, Usaha Kecil dan Perindustrian (Disnakerkop UKP) Kabupaten HSS.

Kepala Disnakerkop UKP Kabupaten HSS, Hendro Martono mengatakan, di Kalsel hanya ada 2 Kabupaten yang menerima bantuan tersebut, yang salah satunya adalah HSS, yang totalnya sebesar 215 juta rupiah.

Ia bersyukur sebanyak 19 orang berhasil disetujui dan menerima, sebab mengajukan proposal lebih cepat sebelum dilakukan refocusing anggaran.

Disebutkannya, 19 orang penerima itu masing-masing mendapatkan sekitar 10 sampai 12 juta rupiah. Usaha yang dijalankan bervariasi, mulai dari produksi makanan ringan, pembudidayaan, hingga kerajinan tangan.

Ia menerangkan, sebelumnya pihaknya telah melakukan pelatihan dan pemberian semangat dan strategi berbisnis kepada calon penerima itu.

“Karena menurut hemat kami, semangat itu penting. Jika loyo dan lemah, biar ada modal sebanyak dan fasilitas apapun tidak akan berkembang usahanya,” terang Hendro.

Berita Lainnya
1 dari 285
Loading...

Kemudian, pihaknya memberikan bimbingan untuk mengajukan proposal ke Kementerian KUKM.

Selanjutnya nanti, pihaknya akan terus melakukan pendampingan, dengan harapan usaha dari para penerima bantuan itu akan berkembang.

“Di lapangan nanti, akan kita bimbing dan dampingi untuk proses pembuatan produk mereka, mulai dari teknis pengemasan hingga pemasaran,” ujarnya.

Dia bersyukur, saat ini sudah ada terlihat yang melakukan pemasaran melalui online.

Bupati HSS Achmad Fikry mengapresiasi langkah Disnakerkop UKP Kabupaten HSS itu, yang bergerak cepat hingga 19 warga HSS mendapat bantuan itu. “Saya apresiasi Kepala Dinas, terimakasih Disnakerkop UKP HSS yang terus berusaha membantu masyarakat,” tutur Fikry.

Ia berharap, dari itu akan muncul wirausaha baru. Pihaknya akan terus mendorong dan melakukan pendampingan pada UMKM.

“Semoga yang menjalankan usaha setelah bantuan ini, mendapat keberkahan dari Allah Swt,” pungkasnya. (tor/K-6)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya