Masyarakat HSS Diimbau Tunda Buka Masjid Untuk Salat Jumat

Kandangan, KP – Masyarakat Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) diimbau tetap meningkatkan kewaspadaan terhadap resiko penularan Covid-19, serta diharapkan menunda sementara membuka masjid untuk pelaksanaan ibadah salat Jumat berjamaah.

Hal itu dipesankan Bupati HSS Achmad Fikry, selaku ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten HSS, saat konferensi pers, Rabu (10/6/2020) kemarin terkait penambahan 12 kasus konfirmasi positif Covid-19 baru.

Sebelumnya, terkait kegiatan ibadah keagamaan jelas Achmad Fikry, Gugus Tugas Kabupaten HSS telah mengeluarkan surat edaran tentang mempersilakan masjid di HSS, yang memiliki protokol kesehatan pencegahan Covid-19 untuk melaksanakan ibadah salat Jumat.

“Tapi dengan kondisi penambahan konfirmasi positif ini, saya mohon dukungan dan bantuan semua masyarakat HSS, untuk lebih arif memaknainya,” lanjutnya.

Ia berpesan, lebih baik masyarakat kembali mematuhi imbauan Majelis Ulama Indonesia (MUI), untuk memperkenankan salat Jumat diganti dengan salat zuhur.

Berita Lainnya
1 dari 292
Loading...

“Karena, pada praktiknya juga masjid-masjid di Kabupaten HSS yang sebagian telah mematuhi standar protokol kesehatan, masih ada yang terabaikan,” beber Achmad Fikry.

Achmad Fikry menjelaskan, ia bukan mengatakan masjid menjadi salah satu penyebab. Akan tetapi dan tidak semua protokol kesehatan, bisa diterapkan maksimal untuk mencegah penularan Covid-19.

Achmad Fikry mencontohkan, seperti imbauan tidak menghidupkan pendingin ruangan seperti kipas angin dan AC. Sebab, masker kain yang digunakan masyarakat memiliki batasan, untuk melindungi dari penyebaran Covid-19.

“Masker yang kita gunakan batasnya 70 persen paling maksimal untuk melindungi, masih memungkinkan terjadi penularan,” ujarnya.

Pada praktiknya, sulit untuk tidak menghidupkan pendingin ruangan di dalam masjid. Terlebih dalam kondisi cuaca panas, dan jamaah berkumpul dalam satu ruangan.

“Kami sarankan, agar masyarakat mematuhi imbauan MUI Kabupaten HSS agar kita dapat mencegah penyebaran Covid-19,” pungkasnya. (tor/K-6)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya