Hadapi Musim kemarau Bupati Dorong Desa Harus punya Mesin Pompa Portabel

Rantau, KP – Bupati Tapin Drs. HM. Arifin Arpan, MM dorong setiap desa harus punya perrlengkapan pemadam termasuk mesin pompa portabel, karena desa punya Angaran Dana Desa (ADD).

“Karena itu agar tidak disalahkanrembug dan rundingkan dengan aparata desa dan Badan Perwakilan Desa (Baperdes),” ungkapnya usai jadi pembina upacara kesiap siagaan penanggulan bencana Rabu kemarin di lapangan Dwi Dharma Rantau.

Menurut bupati Tapin sudah beberapa kali diingatkan untuk mengahadapi musim panas dan musim kemarau semua elemen masyarakat harus siap siaga baik TNI/Polri barisan Pemadam kebakaran baik yang dikelola oleh pemkab maupun lembaga masyarakat lainnya yang berada tersebar di awilayah kabupaten Tapin.

Berita Lainnya

Lensa Foto Tapin

1 dari 150
Loading...

Dengan adanya peralatan dan mesin pompa portabel dan lainnya di masyarakat khususnya di desa maka setiap ada titik api maka segera masyarakat yang terdekat dahulu yang bergerak dan berupaya untuk memadamkannya.

Memang diakuinya pada saat musim panas dan kemarau biasanya terjadi kesulitan untuk mencari air mengingat sumur-sumur dan aliran sungai terjadi kekeringan maka untuk itu kepada pihak terkait termasuk BPBD kabupaten Tapin bersama aparat kecamatan dan desa agar melakukan sumber-sumber mata air terlebih dahulu.

Sementara itu pada kesempatan yang sama Dandim 1010 Rantau letkol inf. Rio Neswan mengingatkan bahwa pada pengalaman tahun tahun yang lalu dalam upaya pemadaman lahan dan hutan yang terbakar aparatnya yang ada berkecimpung dilapangan biasan kesulitan selang pompa yang terbata atau terlalu pendek mengingat lokasi lahan yang terbakar cukup jauh.

“Karena itu kalau bisa kepada pihak-pihak yang terkait agar membanyak selang air dan mengajak semua masyarakat kita agar tidak melakukan pembakaran lahan dan hutan secara brutal,” ungkapnya. (ari/k-6)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya