Tujuh Kali Berturut Turut Balangan Raih WTP

Paringin, KP – Pemerintah kabupaten Balangan berhasil meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2019 yang merupakan perolehan ketujuh kali yang diterima secara berturut turut.

Predikat WTP tersebut disampaikan langsung Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi Kalsel, Tornanda Syaifullah kepada seluruh Bupati dan Walikota se provinsi Kalsel yang digelar melalui Video Conference (vidcon) dari Ruang Rapat Bupati Balangan, Selasa (16/06/2022).

Vidcon Penyampaian hasil pemeriksaan BPK RI perwakilan provinsi Kalsel itu dihadiri Bupati Balangan H Ansharuddin, Ketua DPRD Balangan Ahsani Fauzan, Sekdakab Ir H Ruskariadi, Kepala BKD Balangan H Thamrin, Sekwan Balangan Ardiansyah  dan beberapa pejabat lainnya dilingkup Pemkab setempat,

Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi Kalsel, Tornanda Syaifullah mengatakan penyerahan laporan hasil pemeriksaan LKPD Tahun Anggaran 2019 ini harus dilakukan jarak jauh (vidcon), hal ini dilakukan guna mengurangi penyebaran Covid- 19.

Disebutkan, BPK mengapresiasi atas kepatuhan seluruh kepala daerah di provinsi Kalsel atas penyerahan laporan keuangan untuk di audit secara tepat waktu, yaitu pada bulan Maret 2020.

Berita Lainnya

Kebijakan Setiap Misi ANIS

1 dari 285
Loading...

Tornando menjelaskan pemeriksaan yang dilakukan oleh BPK RI Perwakilan provinsi Kalsel ditujukan untuk memberikan opini atas kewajaran Laporan Keuangan Pemerintah kabupaten dan Kota se Kalsel dengan memperhatikan kesesuaian dengan Standar Akutansi Pemerintahan, Efektivitas Sistem Pengendalian Intern (SPI) dan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan.

Dalam kesempatan ini Tornando juga mengingatkan agar seluruh Pemerintah kabupaten dan Kota se Kalsel segera menindak lanjuti rekomendasi hasil pemeriksaan BPK selambatnya 60 hari setelah laporan hasi pemeriksaan diterima sebagaimana diamanatkan dalam Undang undang No 15 Tahun 2004 tentang pemeriksaan pengolaan dan tanggung jawab keuangan negara.

“Kami berharap, kedepan, pengolaan keuangan semakin baik dan akuntabel serta opini laporan keuangan kedepannya dapat ditingkatkan, tidak hanya meningkatkan opini tetapi lebih penting lagi yaitu mewujudkan dan meningkatkan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat,” imbuhnya..

Sementara itu Bupati Balangan H Ansharuddin atas nama pemerintah kabupaten Balangan, mengucapkan terima kasih atas penghargaan WTP yang diberikan oleh BPK RI Perwakilan Provinsi Kalsel. Penghargaan yang diterima merupakan sebagai hasil capaian bersama segenap komponen Pemkab Balangan yang telah berhasil melakukan penyusunan laporan sesuai dengan tata kelola keuangan yang baik.

“Alhamdulillah, kita kembali menerima penghargaan opini WTP dari BPK atas LKPD tahun 2019. Kita patut bersyukur karena ini adalah untuk ketujuh kalinya secara berturut – turut diterima Pemkab Balangan. Diraihnya opini WTP ini tentunya tidak lepas dari kerja keras serta komitmen dari semua aparatur Pemkab Balangan dalam peningkatan kinerja khususnya bidang pengelolaan keuangan dan pertanggungjawaban keuangan daerah, disamping sebagai buah manis dari kesungguhan dan komitmen bersama eksekutif dan legislatif untuk mewujudkan anggaran yang baik, transparan dan akuntabel,” ungkap bupati.

Orang nomor satu di Balangan ini juga mengatakan dengan perolehan opini WTP ini secara berturut – turut juga menandakan bahwa jajaran Pemkab Balangan telah bekerja keras dalam menjalankan roda pemerintahan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang – undangan.

“Semoga prestasi ini menjadi motivasi dan spirit, khususnya dalam penyusunan dan pelaporan tata kelola keuangan daerah, dan opini WTP ini dapat dipertahankan pada tahun – tahun yang akan datang”, pungkasnya. (jun/K-6)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya