Belasan Desa Tertunda Adakan Pilkades

Paringin, KP – Sedikitnya ada 19 desa di wilayah kabupaten Balangan akan terntuda melaksanakan Pilkades, hal ini dikarenakan Balangan sedang menghadapi pandemi Covid-19. Akibatnya akan ada 19 desa, kepala desanya dijabat Pjs.

Adapun beberapa desa yang akan melaksanakan pilkades di antaranya Desa Mampari, Kecamatan Batumandi, Desa Lingsir, Kecamatan Paringin Selatan, Desa Mangkayahu, Lok Batung, Lamida Bawah dan Sungai Ketapi pada Kecamatan Paringin.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Balangan, Urai Nur Iskandar mengungkapkan, penundaan tersebut terpaksa dilakukan karena Balangan sedang menghadapi pandemi Covid-19. Ditambah lagi adanya rasionalisasi anggaran yang membuat penyelenggaraan Pilkades belum bisa dilaksanakan.

Berita Lainnya

Pemkab Balangan Berikan Bantuan Petani

1 dari 272
Loading...

“Awalnya, pilkades direncanakan pada November mendatang. Namun karena sejumlah pertimbangan, penundaan pun hingga tahun 2021. Sehingga tahapan pun akan dimulai enam bulan sebelumnya,” ujar Uray, belum lama tadi.

Disebutkannya, pada 19 desa yang ditunda pelaksanaan pilkadesnya, untuk sementara jabatan kepala desa diduduki oleh Pjs apabila masa jabatan kepala desanya telah selesai. Terlebih rata-rata masa jabatan berakhir pada Bulan Desember 2020.

“Saat masa jabatan kepala desa habis, kami akan menempatkan Pjs yang diisi oleh PNS,” tegasnya.

Lebih lanjut ucap Urai, layaknya pergantian kepemimpinan daerah, kepala desa pun nantinya akan menyampaikan laporan pertanggung jawaban di akhir masa jabatan. Hal itu juga akan diverifikasi dan dievaluasi. Kemudian akan dilanjutkan pada kepala desa baru. (jun/K-6)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya