Bupati Minta Warga Tak Buang Sampah ke Sungai

Martapura, KP – Bupati KH Khalilurrahman meminta warga turut menjaga sungai dengan tak membuang sampah sembarangan. Hal ini diungkapkan saat memimpin rapat mingguan bersama para Kepala SKPD dan Camat se Kabupaten Banjar, Senin (6/7), di Mahligai Sultan Adam Martapura.

Bupati mengaku menerima laporan terkait masih adanya warga membuang sampah ke sungai, diantaranya di Desa Pingaran, Kecamatan Astambul. Dia pun minta pengelolaan sampah disana bisa lebih baik lagi.

”Kami menyayangkan jika masih ada sebagian warga membuang sampah sembarangan. Tindakan itu dapat mengotori sungai. Saya minta aparatur kecamatan dan desa segera melakukan pembenahan dalam pengelolaan sampah,” tandasnya.

Desa Pingaran sendiri, sebagian warganya merupakan perajin makanan khas Banjar, yaitu jengkol atau jaring. Guru Khalil meminta masyarakat bisa mengelola limbah pembuatan jaring dengan lebih baik dan tidak mengotori lingkungan.

Berita Lainnya

Pusat Imbau Daerah Terapkan JKN KIS

Dewan Sahkan Perda Perubahan APBD 2020

1 dari 307
Loading...

Camat Astambul Sirajuddin Ali menyatakan siap dan segera melakukan koordinasi dengan kepala desa dan aparatur desa setempat terkait pengelolaan limbah dan sampah yang dihasilkan masyarakat.

”Harus diakui limbah air bekas perendaman dari pengolahan jengkol belum dilakukan pengelolaan, sehingga hanya dibuang ke sungai, namun untuk kulitnya, telah dimanfaatkan warga menjadi urukan tanah,” ungkapnya.

Untuk pengelolaan sampah rumah tangga, sambungnya, pemerintah desa menyerahkan kepada Bumdes setempat. Adapun warga pengolah jengkol sudah dilakukan secara turun-temurun.

”Kami segera berkoordinasi untuk menelitinya kembali, apakah ada dampak terhadap air sungai,” katanya. (Wan/K-3)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya