DPRD Menerima Kunker Pokja Banmus DPRD Tanah Bumbu

Banjarmasin, KP – DPRD Kota Banjarmasin menerima kunjungan kerja (kunker) Pokja Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Kabupaten Tanah Bumbu, Senin (13/7/2020), kemarin. Kunjungan ini dilaksanakan untuk menggali informasi terkait penyusunan agenda kegiatan dewan yang dijaduwalkan Banmus.

“Terutama untuk mensikronkan antara kegiatan legislatif dalam hal ini DPRD dengan pihak eksekutif, sehingga agenda yang sudah dijaduwalkan olel Banmus tidak berbenturan dan berjalan lancar,” kata Ketua Pojka Banmus DPRD Kota Banjarmasin, Syamsiar, SPd MM usai pertemuan kepada sejumlah wartawan.

Dalam kunjungan kerja itu, Pokja Banmus DPRD Tanah Bumbu diterima Sekretaris DPRD Kota Banjarmasin, Esya Zain Hafizi.

Sebelumnya ia menjelaskan, tidak jarang agenda kegiatan DPRD yang sudah dijaduwalkan di Banmus harus ditunda dan mengalami perubahan lantaran pada saat bersamaan berbenturan dengan agenda pihak eksekutif atau SKPD .

Akibatnya, rapat komisi dengan mengundang SKPD sesuai mitra kerja masing-masing, pembahasan RAPBD atau rapat paripurna yang sebelumnya sudah dijaduwalkan ditunda dan terpaksa dijaduwalkan ulang.

Berita Lainnya
1 dari 1.421
Loading...

“Baik agenda rapat uang diusulkan oleh legislatif maupun yang diusulkan oleh pihak eksekutif, ” ujarnya Syamsiar angota DPRD Tanah Bumbu dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini.

Menurutnya, selama ini sesuai tata tertib (tatib) DPRD Tanah Bumbu setiap agenda rapat diusulkan oleh alat kelengkapan dewan (AKD) melalui melalui Banmus. Setelah itu ujarnya, dibahas dan oleh Banmus untuk dijaduwalkan.

Menyinggung perubahan jaduwal, Syamsiar menjelaskan tergantung berapa besar bobot atau apakah ada perubahan jaduwal itu sendiri. “ Jika sifatnya tidak terlalu penting, maka hanya cukup diputuskan oleh pimpinan dewan, namun jika ada sifatnya sangat penting, maka perubahan jaduwal dibawa pada rapat paripurna,” ujarnya.

Syamsiar mengemukakan, Banmus menjadi salah satu alat kelengkapan dewan yang sangat strategis dan sangat berperan dalam mengagendakan setiap kegiatan dewan, maupun dalam menentukan rapat paripurna .

Sebelumnya ia menandaskan, Banmus DPRD Kabupaten Tanah Bumbu kini terus berupaya meningkatkan kapasitasnya dalam menjalankan tugas dan fungsi strategisnya dalam menyusun rencana kerja DPRD.

“Tidak hanya itu , program kegiatan yang disusun dalam jaduwal kegiatan DPRD Tanah Bumbu juga terus diupayakan agar mampu mempresentasikan penyelenggaraan tugas dan fungsi DPRD,“ katanya. (nid/K-3)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya