Kodim 1013/Mtr Laksanakan Satgas Huma Desa Mandiri

Muara Teweh, KP – Kodim 1013/Mtw, Kabupaten Barito Utara (Barut) melaksanakan apel gelar satuan tugas (Satgas) Huma Desa Mandiri menuju langit biru, Rabu (15/7) di lapangan Makodim setempat. Hal ini dapat memberikan manfaat yang besar dalam mencegah dan mengantisipasi Karhutla yang selama ini kerap terjadi di wilayah ini.

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut Undang-undang Nomor 34 tahun 2004 tentang tugas TNI dalam mengemban tugas Operasi Militer Selain Perang. Selain itu, sesuai dengan Peraturan Kasad Nomor 37 tahun 2018 untuk secara terus menerus melanjutkan peningkatan kualitas Serbuan Teritorial dalam rangka mendukung berbagai kebijakan Pemerintah Pusat melalui Pemerintah Daerah dalam penanggulangan bencana alam di seluruh tanah air.

Dalam Amanat Panglima Kodam XII/Tanjungpura, Mayjen Muhammad Nur Rahmad yang dibcakan Dandim 1013/Mtw Letkol Inf Yusan Riawan S.I.P mengatakan selalu memelihara dan meningkatkan kemanunggalan dengan aparat pemerintah dan komponen masyarakat untuk kepentingan pertahanan negara.

Berita Lainnya
1 dari 126
Loading...

“Adapun yang melatarbelakangi pembentukan Satgas Huma di wilayah Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah ini adalah, seringnya bencana kabut asap yang terjadi akibat kebakaran hutan dan lahan yang membuat prihatin kita semua,” katanya.

Dijelaskannya, Satgas Huma yang dibentuk, harus memiliki kemampuan untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan sejak dini serta mengantisipasinya. Pemberian nama Huma merupakan suatu filosofi orang-orang terdahulu dengan kearifan lokal dimana membuka hutan untuk berladang dengan tidak membakar.

Selain itu juga, pembentukan Satgas Huma merupakan harapan dan doa semua, agar kehidupan masyarakat di daerah akan terus meningkat kesejahteraannya, serta selalu dapat memandang birunya langit tanpa harus ditutupi kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan.

Dengan tidak mengesampingkan situasi dan kondisi saat ini di mana dunia dan secara khusus di negara kita sedang menghadapi wabah Covid-19. “Kita juga tetap memperhatikan serta peduli terhadap pencegahan wabah Covid-19. Oleh karena itu pesan saya, kepada saudara sekalian yang terlibat dalam Satgas Huma ini harus tetap memperhatikan tentang protokol kesehatan, sehingga kita semua terhindar dari wabah Covid-19,” tutupnya. (asa/K-10)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya