Pemkab HSS Launching BPHTB Online

Kandangan, KP – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) melaunching bea perolehan hak atas tanah dan bangunan (BPHTB) online terintegrasi, Senin (20/7/2020) kemarin di ruang Media Center Kantor Setda setempat.

Launcing BPHTB online itu, ditandai dengan penandatanganan penjanjian kerja sama, antara Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Kabupaten HSS dengan Bank Kalsel Cabang Kandangan. 

Serta, penandatanganan berita acara integrasi data pertanahan dan perpajakan PBB-P2 dan BPHTB, antara Bakeuda dengan Kantor Pertanahan Kabupaten HSS.

Juga dilaksanakan penandatanganan acara serah terima user ID e-BPHTB, antara Bakeuda dengan Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) lingkup Kabupaten HSS.

Adanya launching itu, maka Pemkab HSS merupakan Kabupaten ke empat di Kalimantan Selatan (Kalsel) yang melaksanakan BPHTB Online itu.

Bupati HSS Achmad Fikry menuturkan, melalui aplikasi secara online itu dapat memberikan kemudahan dan percepatan pelayanan, terhadap pembayaran BPHTB di Kabupaten HSS.

Berita Lainnya
1 dari 285
Loading...

Selain itu tambahnya, aplikasi itu juga akan meningkatkan ketaatan pembayaran PBB-P2, dan mengurangi kemungkinan manipulasi wajib pajak. Sehingga ujarnya, secara tidak langsung akan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Saya berharap kepada Jajaran Kantor Pertanahan, Bank Kalsel Cabang Kandangan serta Pejabat Pembuat Akta Tanah di lingkup Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan, untuk mendukung aplikasi ini sepenuhnya,” ucap Achmad Fikry.

Koordinasi dan komunikasi pesannya, sangat diperlukan agar pelaksanaan BPHTB online dapat berjalan baik dan lancar. Sehingga memberikan hasil yang diharapkan, terutama memberikan kecepatan dan kemudahan pelayanan pembayaran BPHTB.

Achmad Fikry mengucapkan terimakasih, dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada KPK RI, khususnya Deputi Pencegahan Wilayah VIII yang terus memberikan dukungan penuh terhadap Pemkab HSS, untuk terus membenahi dan melaksanakan berbagai kebijakan-kebijakan dalam mencegah terjadinya korupsi di daerahnya.

Launching e-BPHTB itu turut dihadiri Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, serta Sekda Kabupaten HSS Muhammad Noor.

Kegiatan ini turut diikuti dan disaksikan dari KPK-RI secara virtual, yakni Deputi Bidang Pencegahan Wilayah VIII beserta jajarannya, Kepala Pusdatin, Kepala Kanwil Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR)/ BPN Provinsi Kalsel, Kepala Kanwil Pajak Provinsi Kalsel, Kepala Bakeuda se-Provinsi Kalsel dan Direktur Utama Bank Kalsel, Pimpinan Bank Kalsel Cabang Kandangan, Inspektur Kab HSS, Kepala Badan Pertanahan Nasional Kabupaten HSS, Para Notaris Pembuat Akta Tanah se-Kabupaten HSS. (tor/K-6)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya