Syukuran Tanam IP-200 Bupati HSS Harap Kelompok Tani Talipuk Bisa IP-300 

Kandangan, KP – Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Achmad Fikry, menghadiri acara syukuran tanam padi ke-2 atau IP-200, dari lahan milik Kelompok Tani Talipuk, Desa Mandala, Kecamatan Telaga Langsat, (23/7/2020) pagi.

Lahan yang dilakukan tanam IP-200, total seluas sekitar 525 hektare di Desa Mandala. Sedangkan yang milik Kelompok Tani Talipuk, seluas 25 hektare.

Bupati HSS Achmad Fikry mengaku bersyukur, lahan pertanian dari Kelompok Tani Talipuk telah dialiri irigasi, sehingga bisa diatur agar bisa tanam IP-200.

“Dari diskusi kelompok tani Talipuk, mereka mengharapkan dukungan dari pemerintah daerah, agar persawahan mereka yang 25 hektar bisa menjadi IP-300,” ungkapnya.

Ia berharap, lahan seluas 25 hektar itu tercapai untuk menjadi IP-300. Pihaknya akan terus mendukung dan mefasilitasi hal itu.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten HSS, Muhammad Noor mengungkapkan, di 2021 pihaknya sudah memprogramkan  untuk bantuan-bantuan, baik dari APBD Kabupaten, Provinsi, maupun APBN.

Berita Lainnya

Bupati HSS Siap Dukung dan Fasilitasi Kegiatan PCNU

Bupati Pimpin Rakor Lingkup Setda Kabupaten HSS

1 dari 287
Loading...

“Nantinya diarahkan  untuk kegiatan tanam padi IP-200 dan IP-300, dalam rangka mengejar produksi dan luas tanah,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut Bupati HSS Achmad Fikry, menyerahkan bantuan 1 unit traktor kepada Kelompok Tani Talipuk.

Ketua Kelompok Tani Talipuk, Rusmaji mengucapkan terimakasih kepada Bupati, atas bantuan itu. “Terimakasih, ini sangat bermanfaat, seandainya membeli sendiri kami tidak akan sanggup,” ujarnya.

Rusmaji mengungkapkan, tanam padi IP-200 pihaknya terus mengalami peningkatan. Sejak 1988 ujarnya, masih pada sistem tanam satu kali. Lalu mulai 1990 mencoba mulai tanam 2 kali, meski mengalami berbagai kendala.

Ia bersyukur adanya jalur irigasi di sawah, kini membuat pertanian pihaknya menjadi lebih baik. “Produksi dari Kelompok Tani kami dari 2019 sebesar 5,95 ton, kini 2020 naik menjadi 6,3 ton,” sebutnya.

Kegiatan syukuran itu, turut dihadiri Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, Dandim 1003 Kandangan Letkol Arm Dedy Soehartono, Kapolres HSS AKBP Siswoyo, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten HSS Mawardi, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Tedy Soetedjo, Camat Telaga Langsat Sar Ifansyah, dan Kepala Bagian Ekobang dan TU Setda  Bardamaini. (tor/K-6)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya