Vidcon Bersama Pemprov Kalsel Dahnial Sepakati Uji Swab Besar Besaran

Pelaihari, KP – Masih dalam suasana gejolak covid-19, Sekretaris Daerah Kabupaten Tanah Laut mengikuti Video Conference bersama para Pejabat Pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait lingkup Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, Tim Pakar dari Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin serta para Kepala Daerah se-Provinsi Kalimantan Selatan dengan agenda Rapat Koordinasi Penekanan Jumlah Penyebaran Covid-19 Wilayah Provinsi Kalimantan Selatan pada Jum’at (24/7/2020) siang.

Rapat yang turut dihadiri oleh Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan H. Abdul Haris tersebut berfokus kepada teknis pembahasan terkait misi untuk memutus penyebaran covid-19, salah satu poin yang dibahas yakni akan dimulainya pemeriksaan secara besar besaran menggunakan metode swab test dengan tujuan untuk memperoleh hasil yang akurat dengan waktu yang singkat.

Abdul Haris mengatakan seluruh kabupaten kota harus melaksanakan sebanyak 10 ribu swab test dengan sasaran yang menyesuaikan.

Berita Lainnya

Paman Birin Berikan Apresiasi ke Politala

1 dari 226
Loading...

Menanggapi kebijakan tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten Tanah Laut H. Dahnial Kifli saat dikonfirmasi menyampaikan kesepahamannya atas kebijakan tersebut.

“Pada dasarnya kita sepakat, namun untuk memulainya kita harus membuat formula agar warga masyarakat kita kita takun akan swab test namun mereka (warga masyarakat) yang justru berminat untuk melakukan swab test karena sampai saat ini banyak warga kita yang hanya melihat petugas dengan pakaian Alat Pelindung Diri (APD) saja sudah ketakutan,” imbuh Dahnial.

Lebih lanjut Ia juga menyampaikan bahwa saat ini Pemerintah Kabupaten Tanah Laut masih memiliki 10 ribu lebih stok Viral Transport Medium (VTM) yang menurutnya sangat cukup untuk melaksanakan kebijakan tersebut kedepan.

“Mengingat VTM kami sudah mencukupi, kami rasa untuk bantuan 10 ribu VTM yang direncanakan akan diberikan untuk setiap kabupaten kota kami merasa akan mubazir jika bantuan tersebut juga kami terima, namun kami mengharapkan bantuan dalam bentuk yang berbeda misalnya fasilitas karantina untuk mengantisipasi lonjakan angka yang dikawatirkan akan terjadi,” harap Dahnial.

Dalam kegiatan ini Sekretaris Daerah Kabupaten Tanah Laut didampingi Assisten Bidang Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten Tanah Laut, Assisten Bidang Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten Tanah Laut, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Laut dan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tanah Laut. (rzk/K-6)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya