Ansharuddin Terima Penghargaan Kapabilitas APIP Level 3

Paringin, KP – Pemerintah Kabupaten Balangan melalui Inspektorat berhasil meraih Kapabilitas Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) Level 3 yang diberikan oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) provinsi Kalsel. Piagam penghargaan ini langsung diterima oleh Bupati Balangan H Ansharuddin yang diserahkan oleh Kepala BPKP Provinsi Kalsel Drs Herman Hermawan, Kamis (13/08) di Aula Benteng Tundakan kantor Setdaka Balangan.

Bupati H Ansharuddin mengapresiasi BPKP atas penghargaan yang diraih. Dia mengucapkan terima kasih kepada Ketua BPKP Provinsi Kalsel serta jajaran yang selalu siap sedia mendukung Inspektorat Balangan, sehingga Inspektorat Balangan bisa mendapatkan APIP level 3.

“Terima kasih kepada BPKP, karena semua itu tentu tidak lepas dari peran besar BPKP yang selalu ada ketika mereka (Inspektorat Balangan, red) ingin menanyakan sesuatu dan meminta penjelasan yang selalu ada untuk untuk membimbing dan menuntun Inspektorat Balangan,” ujar Ansharuddin disela sela menerima penghargaan.

Dia juga menyampaikan terima kasih kepada Inspektorat Balangan yang sudah bekerja keras. Penghargaan yang menambah raihan prestasi di akhir kepemimpinannya ini, kata Ansharuddin, merupakan suatu kebanggaan yang luar biasa, tetapi sekaligus cambuk bagi pemerintah daerah.

Berita Lainnya

Pemkab Balangan Berikan Bantuan Petani

1 dari 272
Loading...

Sementara, Kepala BPKP provinsi Kalsel Drs Herman Hermawan menyampaikan, penerimaan piagam penghargaan Kapabilitas APIP Level 3 ini menjadi prestasi tersendiri bagi Balangan.

Karena Balangan jadi satu dari empat daerah yang menerima penghargaan APIP Level ini. “Selamat dan kita berharap dengan diterimanya penghargaan ini kinerja pengawasan dapat ditingkatkan sehingga penghargaan dapat ditingkatkan pada level selanjutnya,” ujarnya.

Level 3 ini sendiri, kata dia, berarti bahwa APIP di Inspektorat Balangan sudah mampu menilai efisiensi, efektivitas, ekonomis suatu kegiatan dan mampu memberikan konsultasi pada tata kelola, manajemen risiko, dan pengendalian intern.

Herman mengapresiasi kerja keras Inspektorat Balangan sehingga dapat meraih level tingkat tiga.

Namun, dia juga mengingatkan pemerintah daerah tidak cepat bangga dengan capaian ini. Jangan cepat puas, karena tanggung jawab akan lebih berat karena menyandang level 3.

Inspektorat sebagai mata dan telinga harus lebih percaya diri dan terus memberikan value serta memberikan saran bagi Pemerintah Kabupaten Balangan. Selain itu, Inspektorat juga harus memastikan tidak ada fraud di Pemerintah Kabupaten Balangan. (jun/KPO-1)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya