Bupati HST Serahkan LHE Akuntabilitas Kinerja Perangkat Daerah HST Tahun 2019

BUPATI HST - H A Chairansyah didampingi Wabup Berry Nahdian Forgan serta Sekda Farid Fakhmansyah. (KP/Ist)

Barabai, KP – Bupati HST H A Chairansyah didampingi Wakil Bupati HST Berry Nahdian Forqan dan Penjabat Sekda HST H Faried Fakhmansyah serahkan laporan hasil evaluasi (LHE) Akuntabilitas Kinerja Perangkat Daerah  HST Tahun 2019  di ruang Auditorium Kantor Bupati setempat, Senin 24/08/2020.

Mengawali sambutannya Bupati HST H.A.Chairansyah menyampaikan penyerahan hasil evaluasi (LHE) Akuntabilitas Kinerja Perangkat Daerah ini diharapkan menjadi pemicu spirit dalam melaksanakan tugas yang berkualitas dan dapat mendorong pencapaian target visi misi kabupaten HST.

Dari hasil LHE AKIP khusus untuk setiap perangkat daerah saat ini telah jauh mengalami peningkatan hal ini terlihat dari banyaknya perangkat daerah yang mendapatkan kategori A dan BB meskipun masih ada beberapa yang mendapatkan kategori CC.

Atas pencapaian ini saya sampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada seluruh perangkat daerah yang telah bersungguh-sungguh melakukan berbagai upaya perbaikan sehingga tercipta penggunaan anggaran yang lebih efektif dan efisien.

Berita Lainnya

Pelaksanaan SKB di HSU Berjalan Lancar

Peringati HUT ke 4, KAMM KS Bagikan Ribuan Masker

1 dari 209
Loading...

Selanjutnya H.A.Cairansyah berharap kita semua dapat meningkatkan komitmen untuk lebih serius lagi dalam memenuhi unsur-unsur formalitas atau pemenuhan dokumen dan ketentuan lainnya, serta meningkatkan kualitas perencanaan penganggaran dengan memastikan sasaran strategis yang jelas dan berorientasi hasil, ukuran keberhasilan yang jelas dan terukur serta program dan kegiatan yang berdampak langsung bagi pencapaian sasaran pembangunan.

Janganlah cepat merasa puas, mari kita terus melakukan perbaikan dan penyempurnaan, baik dari instrumen dari sistem AKIP maupun pemahaman yang mendalam oleh aparatur pelaksana terkait dengan pelaksanaan reformasi birokrasi sehingga kita bisa menunjukkan hasil yang lebih baik dalam sistem manajemen penyelenggaraan pemerintahan.

Sebelumnya Asisten III Bidang Administrasi dan Umum H Ehwan Rijani selaku panitia penyelenggara melaporkan tujuan dari penyelenggara kegiatan ini adalah pertama memberikan pemahaman tentang implementasi SAKIP dilingkungan Perangkat Daerah sesuai rekomendasi yang diberikan oleh Inspektorat Kab. HST selaku Tim Evaluator AKIP Perangkat Daerah.

Kedua memberikan penghargaan/reward terhadap perangkat daerah dalam penerapan SAKIP sehingga diharapkan dapat meningkatkan nilai AKIP Kab. HST dari B menjadi BB melalui pembentukan komitmen Pimpinan Daerah dalam penerapan SAKIP melalui pemberian reward dan punishment.

Pelaksanaan evaluasi Perangkat Daerah telah dilakukan terhadap 37 Perangkat Daerah yang hal ini mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya yang hanya 26 Perangkat Daerah, evaluasi AKIP dilaksanakan dua tahapan, tahap evaluasi pertama didapat nilai rata-rata AKIP Perangkat Daerah dengan predikat B selanjutnya Perangkat Daerah melakukan perbaikan nilai AKIP melalui Desk pada tanggal 6 Juli 2020 di ruang Bappelitbangda, pada tahap evaluasi kedua didapat nilai AKIP dengan predikat A atau nilai 80+ sebayak 6 Perangkat Daerah, predikat BB atau nilai 70+ sebanyak 27 Perangkat Daerah, predikat B atau nilai 60+ sebanyak 2 Perangkat Daerah dan predikat CC atau dengan nilai 50+ sebanyak 2 Perangkat Daerah.

Dalam upaya peningkatan nilai AKIP Kab. HST dengan target tahun ini mendapat predikat BB tidak terlepas dari penilaian reformasi birokrasi oleh Menpan RB yang akan dijadwalkan  dilaksanakan pada tanggal 3 September 2020 melalui Aplikasi Zoom meeting oleh Tim Evaluator dari Menpan RB. (adv/ary/K-6)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya