Capaian Panen Raya Padi di Desa Pudi 7,3 Ton Perhektare

Kotabaru, KP – Suatu capaian signifikan, panen raya padi di Desa Pudi, Kecamatan Kelumpang Utara, yang tadinya hanya peroleh hasil panen per hektarnya 2,4, di tahun ini perolehan sudah tembus 7,3 ton per hektare nya.

Bupati Kotabaru H Sayed Jafar kembali hadiri panen padi sawah di Desa Pudi Seberang kecamatan Kelumpang Utara, disertai Ketua TP PKK Kabupaten Kotabaru, Hj. Fatma Indiana Sayed Jafar, para Kepala SKPD, Camat Kelumpang Utara, Forkopimca, Tokoh Masyarakat, dan Kelompok Tani Maju Bersama Desa Pudi Seberang.

Dari capaian yang dihasilkan panen raya di desa Pudi tersebut, membuat Bupati H. Sayed Jafar Alaydrus sangat senang dan mengapresiasi para petani yang giat berupaya meningkatkan hasil panen mereka.

Dari 25 hektar luas lahan, Kelompok Tani Maju Bersama dapat menghasilkan 7,3 ton per hektar, dari sebelumnya yang hanya 2,4 ton.

“Alhamdulillah, pertanian kita hasilnya sangat memuaskan, saya atas nama pemerintah sangat bergembira atas keberhasilan ini. Pertanian merupakan salah satu program dari pemerintah Daerah yang juga termasuk dalam visi misi Bupati, yakni Agrobisnis dan Pariwisata”. Terangnya bersemangat kemudian melanjutkan,

Berita Lainnya

Sayed Jafar Lantik Tiga Pejabat Kades

1 dari 120
Loading...

“Kegiatan panen raya ini juga sekaligus untuk mendukung ketersediaan pangan dalam menghadapi covid 19 serta meningkatkan mutu intensifikasi agrobisnis padi sawah di Kotabaru.

Kami akan terus memberikan bantuan demi kelangsungan dan peningkatan pertanian kita.

Untuk Kelompok Tani, agar terus berusaha semaksimal mungkin menjaga dan mempertahankan keberhasilan ini, dan terus mengasah ilmu yang didapat dari para penyuluh, tandas Bupati.

Sementara, Kepala Dinas Pertanian Ir Hairuddin memaparkan, “Kegiatan intensifikasi agrobisnis padi sawah seluas 100 hektar di Kotabaru dilakukan di empat lokasi, masing-masingnya seluas 25 hektar yaitu di Desa Sungai Pasir Kecamatan Pulau Laut Tengah, Desa Teluk Mesjid Kecamatan Pulau Laut Timur, Desa Pudi Seberang Kecamatan kelumpang Utara, dan Desa Bakau Kecamatan Pamukan Utara”, ujarnya.

Terkait masalah air, Hairuddin mengatakan, pihaknya akan bekerja sama dengan perusahaan PT. Arutmin untuk memanfaatkan lahan bekas tambang untuk Irigasi Persawahan bagi para petani di Kecamatan Kelumpang Utara

“Hasil ini harus terus kita tingkatkan, jangan pernah merasa puas, sehingga perekonomian masyarakat dapat meningkat,” kata kadis Khairuddin kemudian.

Sejalan dengan acara panen raya, Bupati Sayed Jafar juga menyerahkan beberapa bantuan dari Dinas Sosial untuk masyarakat Kelumpang Utara, seperti bantuan tunai kepada dua orang Penderita disabilitas, empat orang lansia serta Rehap Rumah program Rutilahu (rumah tidak layak huni), 1 unit Alat perontok padi dan karung beras dari bahan plastik. (and/K-6)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya